Cegah Anemia, Pukesmas Tarok Bagikan 1600 Kapsul Fe di MTsN 2 Payakumbuh


IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Ratusan siswi MTsN 2 Payakumbuh pada Rabu (12/12/2018) siang  menerima penyuluhan kesehatan dari Kepala Puskesmas Tarok.  Kehadiran tim kesehatan ini dipimpin Kepala Puskesmas Tarok, Vivi Leswary, SKM diwakili Laboran Widya Fiandari bersama 3 rekannya disambut kepala madrasah Yenni Fitri bersama Waka.

Kepada kepala madrasah Widya Fiandari melaporkan bahwa penyuluhan kesehatan kepada siswi adalah berupa pemberian Fe (zat besi) untuk bulan tiap bulannya secara gratis, sebagai antisipasi penyakit Anemia sejak dini.

Menerima penjelasan dari Kepala Puskesmas, Kepala MTsN 2 Payakumbuh Yenni Fitri mengucapkan terima kasih atas sinergitas selama ini.

"Terima kasih kepada Kepala Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Tarok. MTsN 2 Payakumbuh merupakan bagian dari wilayah kerja Puskesmas Tarok. Kami sangat bahagia karena penciptaan generasi payakumbuh sehat dilaksanakan secara lintas sektoral. Dalam penyuluhan dan pemberian Fe kepada siswi kami, tim akan didampingi Waka Humas, Sofia Hamdani. Sekali lagi terima kasih," balas Yenni Fitri.

Didampingi Waka Humas Sofia Hamdani, tim kesehatan Puskesmas Tarok mengawali penyuluhan di kelas An Nisa VIII.6.

Di lokal VIII.6, Laboran Widya Fiandari menyampaikan penyuluhan bahwa penyakit Anemia merupakan penyakit kekurangan darah merah yang kerap terjadi pada kaum hawa. Penyakit anemia ditandai dengan 5 L (lemah, letih, lesu, lelah dan lunglai). Karena wanita yang sehat akan mengalami mensturasi tiap bulannya.

Untuk itulah menteri kesehatan menjalankan program penyuluhan dan pemberian Fe gratis kepada siswi secara rutin tiap bulannya. Obat ini diminum sebelum tidur satu kapsul dengan air putih," jelas Widya Fiandari didampingi Mutiara (Ahli Gizi) dan rekanya sembari menyerahkan obat Anemia.

Terpisah, Kepala Puskesmas diwakili Sekretarisnya, Netra yang kita hubungi di selulernya menerangkan bahwa kebiasaan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) harus dioptimalkan sejak dini, termasuk pencegahan dan pengobatan penyakit.

"Ya, Puskesmas Tarok telah membagikan secara gratis 1600 tablet Fe untuk  siswi MTsN 2 Payakumbuh sebagai kegiatan rutin di wilayah kerja kami, 4 tablet untuk 1 siswi.  Apabila wanita terserang anemia akan terlihat 5 L, parahnya gampang pinsan. Sebenarnya hal ini dapat kita cegah secara natural dengan pola makan teratur 4 Sehat 5 Sempurna. Zat Fe banyak terdapat pada sayuran hijau dan buah. Optimalisasi pencegahan anemia sejak dini, kami mengharapkan siswi mengkonsumsi obat tersebut secara teratur. Mohon dikoordinir walikelas. Terima kasih,"harap Netra mengakhiri.(ul)

Ratusan siswi MTsN 2 Payakumbuh pada Rabu (12/12/2018) siang menerima penyuluhan kesehatan dari Kepala Puskesmas Tarok. Kehadiran tim kesehatan ini dipimpin Kepala Puskesmas Tarok, Vivi Leswary, SKM diwakili Laboran Widya Fiandari bersama 3 rekannya disambut kepala madrasah Yenni Fitri bersama Waka.

[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.