Walikota Payakumbuh ikuti Pertemuan Jaringan Minang Dunia 2018

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, -- Walikota Payakumbuh Riza Falepi ikuti pertemuan Jaringan Minang Dunia dan Festival Minangkabau 2018 yang berlangsung tanggal 29 s/d 30 September 2018 di Deakin Universty Melbourne Burwood Campus Victoria Australia.

Informasi yang didapat dari Walikota Payakumbuh, Riza Falepi melalui pesan Whatsapp, dari Australia, Sabtu (29/9/2018). Menurut Riza Falepi, acara Minang Dunia (MDN) ini diikuti 300 orang peserta dari seluruh dunia, Malaysia, Eropa, Amerika dan Kota di Indonesia.

Dikatakan Riza Falepi, dari Sumatera Barat dihadiri langsung Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno dan isteri, Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim dan isteri, Walikota Padang Mahyeldi, dan Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman, serta beberapa SOPD di Sumbar.

Acara dibuka oleh Tan Sri Datuk Besar DR. Rais Yatim dari Malaysia. Tujuan dari acara ini menduniakan Minang, sehingga eksis dunia dengan Minang Restoran, Minang House, dan khusus untuk Kota Melborne sudah terkumpul dana 2,4 milyar untuk bangun Surau Minang.

Kegiatan diisi dengan beberapa Seminar, seperti Seminar Adat dan Budaya . Tampil sebagai Nara Sumber , Tan Sri Datuk Besar DR. Rais Yatim (Ketua Dewan Penasehat Jaringan Perantau Minang Dunia / Menteri di Kerajaan Malysia, sejak Tahun 1978.

Dr. Robecca Fanany (Deakin Universtyburne Australia). Kemudian Hasril Chaniago (Wartawan/Penulis). Bertindak selaku Moderator Maskur Chaniago Dt. Parpatih Nan Sabatang. Seminar Pendidikan, selaku Nara Sumber, Dr. Fasli Jalal (Mantan Wakil Menteri Pendidikan Era SBY). Prof. Dr. Ismet Fanany (Guru Besar di Deakin Universtyburne Australia), Prof. Dr. Jurnalis Uddin (Ketua Yayasan Yarsi) dan Prof. Dr. Firdaus Abdullah (Malaysia). Moderator Zulfan Tadjoedin (Sydney Australia).

Kemudian Seminar Investasi & Parawisata, Minang Diaspora Network Global Meeting dan Festival Minangkabau. Sebagai Nara Sumber, Prof. Dr. Irwan Prayitno (Gubernu Sumatera Barat), Komjel.Pol. (Purn) Ahwil Loethan (Mantan Duta Besar RI di Meksiko) H. Mahyeldi Ansyarullah (Walikota Padang). Moderator Dr. Ivan Rizal Sini.

"Rangkaian kegiatan juga diisi dengan hiburan Tari Pasambahan (Welcome Dance) Siti Nurbaya Part 1 dan 2. Siti Nurbaya Drama Musical End, Fashoin Show dan Closing / End," tulis singkatnya. (tim)