Ukur Kinerja ASN, Kemenag Pasaman Sosialisasikan SIEKA

IMPIANNEWS.COM (Pasaman). 

Puluhan ASN di lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman mengikuti sosialisasi penerapan aplikasi sistem informasi elektronik kinerja ASN alias SIEKA di aula setempat Senin (20/8).

Kegiatan yang dikoordinir unit kepegawaian itu dibuka resmi oleh Kepala Kankemenag H.Dedi Wandra sembari mengatakan pentingnya ASN mengetahui proses penginputan kinerja ke dalam aplikasi SIEKA. 

Menurut Dedi Wandra, penerapan aplikasi SIEKA belum secara keseluruhan ASN melakukannya, tetapi bertujuan sebagai perangkat untuk mengukur kinerja pegawai, memonitoring pegawai, serta mengukur prestasi kerja ASN kedepannya. 

Kakankemenag menekankan agar seluruh ASN dapat segera menerapkan dan mengimplementasikan penggunaan Aplikasi SIEKA sesuai dengan kinerja harian, tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Meskipun aplikasi ini masih terbilang hal yang baru akan dipergunakan untuk mengetahui kinerja pegawai.

“Apa yang dikerjakan oleh seluruh ASN setiap hari, nantinya akan diinput ke dalam aplikasi SIEKA dan dikontrol langsung oleh atasannya”, terangnya.
Ia berharap dengan semakin terkontrolnya kinerja, maka para ASN dapat meningkatkan kinerja dan kualitasnya sesuai tupokasi masing-masing.

Lebih lanjut ia mengatakan, salah satu teknologi informasi yang dimaksud untuk memudahkan layanan dari berbagai macam aplikasi yang dilaunching dengan maksud untuk memperbaiki dan memudahkan layanan dan ada aspek transparansi sehingga bisa memonitor segala aktivitas pekerjaan ASN.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Nafrizal menerangkan telah membentuk tim untuk melakukan sosialisasi penerapan aplikasi SIEKA ke satuan kerja baik madrasah negeri dan KUA kecamatan.
Karena menurut analis kepegawaian Nofrita, sesuai instruksi dan arahan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat, aplikasi tersebut telah harus diterapkan pada bulan September tahun ini. (suf78)