Payakumbuh Tuan Rumah BKMT Sumbar. Jemaah Sarankan ini .....


IMPIANEWS.COM
Payakumbuh -- Direncanakan pada tanggal 2 September 2018 mendatang, Kota Payakumbuh dipercayai menjadi tuan rumah pelaksanaan wirid dakwah wisata Badan Kontak Majlis Taklim (BKMT) se Sumatera Barat.

Setelah sebelumnya kegiatan serupa telah digelar di Mesjid Raya Sumbar di Kota Padang yang dihadiri sekitar 25 ribu jemaah majlis taklim dari 19 kota / kabupaten se Sumbar.

Menyikapi hal ini, pada Senin (20/08/2018) siang perwakilan pengurus BKMT Kota Payakumbuh menggelar temu ramah di rumah dinas Walikota dengan ketua TP PKK Hj. Henny Riza Falepi, yang secara de facto akan menjadi Ketua BKMT Kota Payakumbuh periode 2018 - 2023, menggantikan Ustadz H. Maududi.
Tampak hadir siang itu, ketua majlis taklim Hj. Anwida bersama pengurus. Turut hadir untuk berkoordinasi Ketua BKMT Kab. 50 Kota, H. Syahril.

Dalam temu ramah siang itu dibincangkan persiapan dan strategi penyambutan rombongan BKMT yang akan menghadirkan 2 pentausiyah nasional dari Jakarta. Hingganya, siang tersebut terbentuklah kepanitian pelaksana kegiatan BKMT untuk Tingkat Kota Payakumbuh, yakni diketui Hj. Anwida dibantu kepengurusan dan seksi - seksi. Selanjutnya panitia pelaksana ini akan berkoordinasi dengan Pimpinan OPD terkait dan ketua BKMT Provinsi Sumatera Barat yang akan digelar tanggal 2 September 2018 di halaman balaikota eks. lapangan Poliko

Dalam wirid dakwah wisata BKMT,  nantinya akan dirangkai dengan pengukuhan kepengurusan BKMT yang baru. Sebelumnya nama personil BKMT tingkat kota akan dikirim ke provinsi untuk di SK kan dan dikukuhkan pada momen tersebut.

Diterangkan Ketua BKMT de facto, Henny Riza Falepi, hingga hari ini penunjukan diri kami selaku ketua BKMT kota, baru melalui lisan oleh ketua BKMT Sumbar, H. Aziz.  Sahnya setelah ada SK, tentunya. Walau demikian, kita (pemko payakumbuh) harus mendukung pelaksanaan kegiatan dakwah wisata ini, secara maksimal. Karena ini menyangkut nama baik daerah. Meskipun kita masih serba kekurangan sarpras dibandingkan Padang.

" Tentunya kita harus menggelar rapat koordinasi dengan lintas OPD terkait secepatnya. Insyaallah besok siang, kita rakor. Selain itu mohon bantuan kerjasama pengurus lama dan pengurus yang akan dikukuhkan. Disamping inti acara adalah tabligh akbar menyambut tahun baru islam, kita rangkaikan juga dengan pengukuhan. Karena mengingat kesibukan dan waktu luang," sebut Henny.

Sementara Ketua Majlis Taklim Kota Payakumbuh Hj. Anwida menerangkan bahwa panitia harus bekerja kerasenyiapkan administrasi persuratan lengkap tampa ada yang terlupakan. Disamping administrasi dan protokoler, kita juga harus menyiapkan tikar, tenda, ketersediaan air, wc dan tempat shalat.

" Memang kita harus rakor dengan semua OPD terkait, mengingat banyaknya jiwa yang akan hadir nanti, termasuk izin dan pengamanan keramamai dari kepolisian yang dibantu OPD terkait lainnya. Tak terlupa pengurus mesjid yang ada disekitar balaikota," pintanya.

Terpisah, Darniati (53) warga Talawi Kelurahan Ompang Tanah Sirah. Wanita yang akrab disapa Tek Idar Pitopang ini merupakan salah satu jemaah majlis taklim Kota Payakumbuh yang aktif ikut dalam dakwah wisata BKMT tingkat Sumbar.
"Sebelum di Mesjid Raya Sumbar, kita ikut juga di Mesjid Istiqlal Kab. Sijunjung. Sebelumnya di kab. 50 kota juga kita ikuti," terang Idar.

"Kelemahan yang sering tampak adalah ketersediaan tenda, tidak mungkin setiap jemaah membeli payung saat mengikuti kegiatan dakwah. Selain itu keberadaan air bersih, wc dan tempat shalat. Maklum dihadiri jemaah se Sumbar, kasihan kan, mereka berasal dari jauh datang ke Payakumbuh. Kalau kita datang ke daerah mereka kita juga dilayani demikian," sebut Idar.(ul)