Jadi Kado HUT RI, SMK-SMAK Padang Terbaik I Keterbukaan Informasi Publik

IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Sekolah Menengah Kejuruan - Sekolah Menengah Analis Kimia (SMK-SMAK) Padang kembali mendapatkan "kado istimewa" pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 berupa penghargaan nasional. Unit pendidikan di bawah Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Kementerian Perindustrian tersebut dinyatakan sebagai yang terbaik dalam Penilaian Keterbukaan Informasi Publik di lingkungan kementerian tersebut.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Perindustrian Airlangga Hartato kepada Kepala SMK-SMAK Padang Drs. Nasir di Jakarta, Selasa (14/8/2018) lalu. Kemudian pada momen upacara peringatan HUT RI di SMK - SMAK Padang, Kepala Sekolah mendedikasikan penghargaan tersebut bagi seluruh warga sekolah. Terutama ditujukan untuk jajaran Sub Bagian Tata Usaha yang sukses selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Tidak hanya itu, SMK-SMAK Padang juga menerima piagam penghargaan terbaik II Laporan Keuangan tingkat Satuan Kerja di lingkungan Kementerian Perindustrian dengan status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) murni. Penghargaan itu melengkapi deretan prestasi diukir sekolah yang menerapkan masa pendidikan empat tahun ini.

Dalam sambutannya saat resepsi penyerahan penghargaan, Menperin Airlangga mengatakan, disamping pengembangan dan pembangunan industri nasional, aspek pengembangan sumber daya aparatur melalui unit pendidikan merupakan salah satu hal penting yang tak boleh terlupakan. Kemenperin memiliki andil dalam mengembangkan potensi bangsa. Sebanyak 4.954 orang aparatur di lingkungan Kementerian Perindustrian menjadi aparatur yang "INSAN OKE".

"Kita juga perlu mengupayakan zona kerja yang kondusif bagi seluruh pegawai di Kementerian Perindustrian agar inovasi dan kreatifitas yang lahir dapat memberikan nilai tambah bagi setiap lini kerja," kata Airlangga.

Kementerian Perindustrian baik secara organisasi maupun individu, sudah berbuat untuk gerakan perbaikan yang cukup massive di semua struktur organisasi baik pusat dan daerah. "Namun perbaikan itu, saya harapkan terus dapat ditingkatkan khususnya bagi unit kerja yang belum maksimal dari sisi capaian penilaian," ungkapnya.

Airlangga menambahkan, penghargaan ini merupakan momentum untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik dan dapat dipertahankan sepanjang waktu.

"Sesungguhnya penilaian adalah citra dari masyarakat atas prestasi dan kinerja kita," tukasnya.

Sementara itu, Kepala SMK-SMAK Padang Drs. Nasir di hadapan para pendidik dan siswa menyampaikan amanat selaku inspektur upacara. Ia mengatakan, semua komponen di sekolah yang dibanggakannya agar berkomitmen untuk terus menjaga kualitas dan integritas. Sehingga nanti sekolah yang telah melahirkan banyak tenaga kerja berkompetensi ini benar-bemar menjadi rujukan nasional.

"Untuk itu mari bersama-sama kita terus menjaga kualitas dan integritas diri dan institusi sehingga kita dapat prima dalam memberikan yang terbaik. Kita wujudkan SMK-SMAK Padang yang unggul dan menyediakan tenaga kerja yang dibutuhkan industri," sebutnya.

Kasubag TU SMK-SMAK Padang Mila Handrefa yang membawahi Keuangan dan PPID menjelaskan, tim penilai sudah melakukan penilaian terhadap dua item tersebut. Hal yang dinilai adalah penggunaan, pencapaian dan ketepatan waktu melakukan rekonsiliasi keuangan.

"Alahamdulillah, dari semua unsur penilaian, SMK-SMAK Padang adalah yang terbaik II Laporan Keuangan," ujarnya.

Begitu juga terhadap Penilaian Keterbukaan Informasi Publik yang terbaik pertama, menurut Mila, karena adanya tim kerja yang solid. Setiap kegiatan tim  selalu mengupdate informasi yang dipublis melalui media massa dan website sekolah yang langsung bisa diakses publik dan pihak kementerian.

"Setiap kegiatan, tim kami secepatnya mengupdate informasi dan melakukan publikasi melalui media massa dan website sekolah," tukuknya. (yz)