Bupati Irfendi Arbi resmikan PLUT KUMKM di Kabupaten Lima Puluh Kota

IMPIANNEWS.COM
Sarilamak -- Dalam rangka HUT Koperasi ke 71 th 2018 sekaligus meresmikan Kantor Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Lima Puluh Kota,pada pagi Kamis 30 Agustus 2018 Bupati Irfendi Arbi berkenan melakukan gunting pita tanda diresmikannya kantor PLUT yang terletak dijalan Sumbar Riau Jorong Ketinggian Nagari Sarilamak tersebut.

Hadir juga Kadis Perindag Koperasi dan UKM Propinsi Sumatera Barat Ir. Azirman Yusri.

Dalam laporannya Kadis Perindag Koperasi dan UKM Kab Lima Puluh Kota Kasman Kasim SH.MH mengatakan bahwasannya keberadaan Pusat Layanan Terpadu (PLUT) Koperasi dan UKM ini satu satunya di Sumatera Barat dan satu dari 52 PLUT serupa yang ada di Indonesia.

Kemudian Kasman mengatakan di kabupaten Limapuluh Kota sendiri ada lebih kurang 1557 Usaha Kecil Menengah yang dibina oleh Perindag Koperasi dan UKM Kabupaten Lima Puluh Kota yang tersebar di 13 Kecamatan.

Jadi keberadaan PLUT ini sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha kecil menengah untuk memasarkan produk yang dihasilkan oleh anggota koperasi yang ada di Kab Lima Puluh Kota ini.

Kantor PLUT ini dibiayai dengan anggaran APBN 2017 ini juga sudah dilengkapi dengan lima bidang konsultan untuk pelaku usaha yaitu :
1.Konsultan Bidang Pemasaran
2.Konsultan Bidang Pembiayaan
3.Konsultan Bidang Kelembagaan
4.Konsultan Bidang Produksi
5.Konsultan Bidang Sumber Daya Manusia

Sementara itu Kadis Perindag Koperasi dan UKM Sumatera Barat Ir. Azirman Yusri dalam sambutannya mengatakan Lima Puluh Kota terkenal dengan Koperasi serta anggotanya yang jujur sudah tidak diragukan lagi,maka dari itu Perindag Propinsi sangat mengapresiasi dengan keberadaan koperasi yang ada di lima puluh kota dan sering mendapat penghargaan sebagai koperasi terbaik baik tingkat propinsi maupun nasional.

Seperti penghargaan yang diraih oleh koperasi KPN Sinar Kapur dari Kapur Sembilan,Koperasi Tanjung Murni dan KPN Disdik Kecamatan Harau yang mendapat penghargaan sebagai koperasi berpotensi tingkat Kabupaten Lima Puluh Kota.

Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar koperasi yang berada di lima puluh kota ini bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat baik pelaku usaha kecil atau menengah,serta bisa memanfaatkan Pusat Layanan Usaha Terpadu yang baru diresmikan ini sebaik baiknya untuk pengembangan usaha dan koperasi di Lima Puluh Kota.

Mari kita melakukan kerjasama yang baik,dalam artian membangun bangsa ini untuk kesejahteraan rakyat. Dan kita harus sadar diri dan tau diri,karena daerah lain mempunyai berbagai potensi daerah masing masing dan di Lima Puluh Kota kita mempunyai etos kerja dan kerja juga SDM yang mumpuni kata bupati mengakhiri sambutannya sekaligus melakukan gunting pita tanda resmi pemakaian gedung PLUT yang berada dijalan lintas Sumbar Riau ini.

Setelah meresmikan gedung PLUT Bupati juga melepas peserta gerak jalan yang diikuti anggota dan pengurus koperasi se kabupaten Limapuluh Kota kemudian acara dilanjutkan pemberian hadiah penghargaan di kantor Perindag Koperasi dan UKM Kab Lima Puluh Kota di komplek kantor Bupati Sarilamak dan terakhir pengunjung dihibur dengan dendang berhadiah KIM dipelataran kantor Perindag Sarilamak.(ul)