Yunisman Ajak UMKM Berani Berinovasi Lewat Teknologi Tepat Guna

Yunisman, hal penting lain yang harus dilakukan untuk meningkatkan
tingkat usaha para
pelaku UMKM adalah mengubah pola pikir mereka
IMPIANNEWS.COM (Padang).

Masih terbatasnya jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Padang yang menerapkan teknologi tepat guna membuat inovasi dan geliat UMKM di kota tersebut masih belum optimal. 

Merujuk pada kenyataan itu, Kepala Dinas Koperasi & UMKM Kota Padang Yunisman, SE  mengajak pelaku UMKM lebih berani melakukan terobosan inovasi dengan menerapkan teknologi tepat guna pada usahanya.

“Bila pelaku usaha berani menerapkan teknologi, maka mereka mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas komoditasnya. Akhirnya, mereka juga akan bisa bersaing,” terang Yunisman saat meninjau UMKM Putri Minang usaha penghasil keripik buah yang menggunakan teknologi tepat guna di Kelurahan Gunung Pangilun didampingi Lurah Andi Amir, SH (Kamis 5/7).

Yunisman mengungkapkan, hal penting lain yang harus dilakukan untuk meningkatkan tingkat usaha para pelaku UMKM adalah mengubah pola pikir mereka.

Pola pikir ini adalah berani menerapkan teknologi walaupun masih sederhana, ditambahkannya bahwa menjaga kualitas produk sangat penting bagi sebuah usaha untuk meningkatkan atau bahkan mempertahankan kelangsungan usaha. 

Memproduksi produk tanpa mengamati dan menjaga kualitas produksi akan mempengaruhi keberlangsungan mereka sendiri di masa depan. 

Untuk itu, peningkatan kualitas produk sangat penting dalam menjaga kelangsungan usaha, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan teknologi tepat guna.

“Teknologi tepat guna dirancang untuk memenuhi kebutuhan UKM, potensi sumber daya dan kemampuan UKM sebagai pengguna sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal dalam meningkatkan keuntungan usaha,  teknologi tepat guna yang diterapkan oleh pelaku usaha aneka kripik buah Putri Minang  ini mampu meningkatkan prosuksi dan menjaga kualitas prodak sehingga mendapatkan jumlah produk yang lebih baik,” imbuhnya.

Teknologi tepat guna berupa alat pengolah buah-buahan menjadi kripik ini akan kita utus mewakili kota padang pada Jambore PKK dan Pameran TTK se Sumatera Barat dalam waktu dekat ini. (aa).
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.