Warga Balai Betung Gelar Halal Bi Halal, Gunawan Bulfi Berikan Pengajian

Ustadz Gunawan Bulfi sampaikan tausiyah
IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh -- Guna meningkatkan hubungan silaturahim yang mutualisme, warga RW II Balai Betung Kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS) Kec. Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh menggelar kegiatan Halal Bi Halal (HBH) ba'da shalat Magrib yang ditempatkan di Mushalla Nurul Yaqin. Selain ratusan wargan pengurus mushalla, HBH yang digelar pada Selasa malam (03/07/2018) ini dihadiri langsung Lurah OTS Erizal, S.Sos bersama Ketua LPM Khaidir dan tokoh masyarakat. HBH ini menghadirkan penceramah Gunawan Bulfi, Kepala KUA Kec. Payakumbuh ini, juga tampak dihadiri Chandra Setipon anggota DPRD Kota Payakumbuh, H. Catur Virgo Dt. Paduko Rajo tokoh masyarakat Koto Nan Gadang.

Dalam laporannya, Pengurus Mushalla Nurul Yaqin yarisman, SPd menyebutkan bahwa HBH ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan silaturahim antar warga serta antar warga dengan pemerintah.

" Bulan Sawal telah kita jalani dan ramadhan telah meninggalkan kita, akankah kita dapat bersua dengan Ramadhan mendatang ? Allahu a'lam. Untuk itu marilah dengan HBH kita tingkatkan mutu sosial kita dalam rangka membangun kelurahan kita, khususnya di RW II Balai Betung ini, karena sangat jarang kita bisa berkumpul seramai malam ini," sambut Yarisman.

Dalam tausiyahnya, penceramah Gunawan Bulfi menitik beratkan kajiannya pada peningkatan 'ubudiyah pasca Ramadhan. Menurut Gunawan, bahwasanya ada hubungan yang harus selalu ditingkatkan agar hidup bahagia dunia dan akhirat, yakni hablul minaallah dan hablul minanaas.

" Hablul minanallah kita wujudkan dalam kesetiaan menjalankan syariat Allah yang telah ditentukan dalam rukun islam sebagai penjabaran rukun iman untuk semua muslim. Dan ini adalah sebagaimana rutinitas yang telah kita laksanakan bersama. Mungkin haji yang belum dapat kita wujudkan semua, karena haji diwajibkan bagi yang mampu. tapi jangan lupa untuk terus berniat dan berusaha agar kelak kita bisa menunaikan haji ini," Gunawan mengawali

Dilanjutkannya, terkait hablul minanaas ini adalah interaksi kita setiap hari dengan warga sekitar kita. Bagaimana kita bisa hidup dengan rukun dan dama dalam lingkaran ukhuwah islamiyah yang penuh silaturahim. Sabda Rasul, barang siapa yang ingin dipanjangkan umur dan dimurahkan reskinya, hubungkanlah silaturahim. Ini adalah tugas wajib kita. Setidaknya ada 3 cara hablul minanaas agar kita bisa merasakan bahagia secara bersama, yakni 1). Jadilah manusia yang rendah hati, 2). Mudah memaafkan kesalahan oranglain, dan 3). Suka memberi," terang Gunawan Bulfi.

Selaku Lurah OTS tentunya Erizal sangat menyambut baik digelarnya HBH ini. " Minal aidin wal faidzin. Kami atas tentunya sangat apresiasi sekali digelarnya HBH ini. Mari kita buka lembaran baru, hilangkan demdam kesumat dan lainnya, sebagai implementasi Ramadhan untuk kita tingkatkan di bulan Sawal. 3 Tahun sudah kami memimpin kelurahan ini, kalau seandainya ada hal yang kurang berkenan dalam pelayanan, kami mohon dimaafkan. Mari kita bangun bersama kelurahan kita, kampung kita. karena masih banyak PR yang menanti kita, terkhusus untuk generasi muda," sambut Lurah Erizal. 

Kesempatan HBH ini ditutup dengan makan bersama, menikmati jedah yang telah dibawa para ibu-ibu dan jemaah mushalla Nurul Yaqin. Selain saling bertimbang maaf, dalam HBH ini juga digalang dana untuk kelanjutan pembangunan mushalla Nurul Iman atai Longgo Potai yang terletak tidak jauh dari mushalla ini.(ul)