Resmikan Gedung Baru RSUD Adnaan WD, Walikota : Peningkatan Fisik Mesti Selaras Dengan 4 Pilar

Walikota Payakumbuh Riza Falepi resmikan pemakaian
Gedung Kemuning berlantai 4 di RSUD Adnaan WD
IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh -- Pembangunan gedung lantai 4 RSUD Adnaan WD Kota Payakumbuh yang penuh dinamika dan memakan waktu multi years hari Senin (02/07/2018) diresmikan pemakaiannya oleh Walikota Payakumbuh bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat dan Forkopimda Kota Payakumbuh. Peningkatan fisik bangunan dengan peralatan yang cukup canggih dan terbaik di Sumatera Barat sebagai implementasi undang undang kesehatan, BPJS dan pelaksanaan PP Nomor 18 Tahun 2016. Melalui PP 18 Tahun 2016, rumah sakit pemerintah berbentuk UPTD dibawah Dinas Kesehatan, Pemko Payakumbuh telah laksanakan aturan ini.

Dalam acara tersebut turut dihadiri oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi, yang di dampingi Ketua DPRD Kota Payakumbuh YB Dt. Parmato Alam, Kepala Dinkes provinsi Sumbar diwakili Kabid YanKesmas Syafwan, Dirutt RSUD se Sumbar, Ketua Forum Kota sehat  Indra Zahur, Kadis Kesehatan Elzadaswarman, Kasat Pol PP Devitra Arias,  Kepala BNNK Firdaus. ZN, Dirut RSUD Adnan WD Efrizanaldi beserta civitas dokter spesialis dan dokter umum serta jajaran tenaga medis, Kepala BPJS Kesehatan, Rian, kepala puskesmas, wartawan, tokoh masyarakat dan undangan

Undangan
Pembangunan Gedung baru berlantai 4 ini yang dinamai Gedung Kemuning sebagaimana dilaporkan Dirut RSUD Adnaan WD, Efrizanaldi telah dimulai sejak tahun 2015 lalu.

" Perencanaan dan pembangunan gedung baru telah dimulai tahun 2015 kala itu rumah sakit dikepalai Bapak Hendrijoni yang kemudian dilanjutkan Ibu Mery Yuliaesday. Walau pembangunan sering tersendat dan dihadapkan dengan berbagai tantangan dan dinamika, pembangunan tetap dilanjutkan kembali pemko Payakumbuh melalui Dinas kesehatan yang dikepalai Bapak Elzadaswarman dan kita sebagai dirut. Gedung ini dinamai Kemuning berlatar belakang banyaknya manfaat yang dapat diambil manusia dari tumbuhan ini. Selain untuk pengobatan, kemuning juga indah dan menyejukkan. Semoga semboyan kemuning ini dapat kita aplikasikan bersama demi pemberian layanan kesehatan untuk warga," lapor Efrizanaldi.

Menyambung laporan Dirut RSUD, Kepala Dinas Kesehatan Elzadaswarman menyebutkan bahwa gedung Kemining dengan 4 lantai ini memiliki fasilitas terbaik di Sumatera Barat, semua peralatan serba canggih untuk pemberian pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat, termasuk layanan dari BPJS Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan, Elzadaswarman
"Dapat kami laporkan bahwa Lantai I Gedung Kemuning dikhususkan untuk CSSD dan NICU, 
Lantai II untuk persalinan dan perinatologi, Lantai III untuk ICU dan ICCU jantung selalu meningkat setiap harinya.Sedangkan Lantai IV dimanfaatkan sebagai ruang bedah sentral. Kita berharap rsud dicintai semua lapisan masyarakat. Akronim berlantai 4 adalah sebagai tantangan bagi kita di jajaran kesehatan. Ada 4 pilar yang harus dijalani pemenuhannya yaitu dedikasi, prestasi, mutu pelayanan dan profesionalisme. Mau tidak mau ini menjadi layanan terdepan. Keseriusan Pemko Payakumbuh dalam memberikan layanan kesehatan pada warganya, TMT 1 April 2018 Walikota meraih UHC. Dengan seiring selangkahnya kita, Kota Payakumbuh bisa terdepan. Terdepan dalam sinergitas dan terdepan dalam pelayanan. Ketika mutu meningkat layanan harus sesuai dengan 4 pilar," terang Elzadaswarman penuh semangat.

"Sesuai perintah Bapak Walikota, Payakumbuh harus terdepan dalam pemberian pelayanan berkualitas (quality insuranc-red). Terima kasih pemko Payakumbuh yang telah berikan dukungan penuh, walau banyak dinamikan yang kita hadapi. Itu adalah bukti kita berbuat. Harapan pemerintah telah kita wujudkan dengan melahirkan ruang operasi terbaik di Sumbar. Di dalam kesuksesan jangan pandang senjata yang menang, tapi tengoklah orang di belakangnya senjata itu. Ini adalah tantangan dari PP Nomor 18 Tahun 2016 yakni RSUD harus menjadi UPTD Dinkes, baru Kota Payakumbuh menjalankan secara kaffah, sesuai rulenya," imbuh Elzadaswarman.

Ketua DPRD, YB Dt Parmato Alam
Tanggapan dan apresaisi juga hadir dari Ketua DPRD Kota Payakumbuh, YB Dt. Parmato Alam selaku wakil rakyat di legislasi.

" Atas nama wakil rakyat kami sangat apresiasi sekali dengan pembangunan fasilitas kesehatan berlantai 4 da lengkap dengan liftnya. Pemko Payakumbuh telah mampu menjawab kebutuhan pelayanan kesehatan khususnya bagi warga Payakumbuh. Kesehatan ini adalah tanggungjawab negara, Kami akan selalu mendorong blue print rsud termasuk percepatan peningkatan kompetensi peugas kesehatan. Banyaknya dinamika yang harus disikapi objektif. Kita menghimbau tolong didata SADIKIN (sakit jatuh miskin-red) untuk dapat untuk kita fasilitasi dengan anggaran bantuan, malahan kuota anggaran telah naik menjadi 7,6 M. Marilah kita saling koordinasi hilangkan ego sectoral tampa mengintervensi kewenangan," pesan Ketua DPRD YB DT Parmato Alam sambil mohon pamit hadiri sidang paripurna.

Jelang pembubuhan tandatangan diatas prasasti sebagai bukti diresmikan pemakaian Gedung Kemuning berlantai 4, Walikota Payakumbuh Riza Falepi menyampaikan terima kasih kepada jajaran dinas kesehatan dan RSUD Adnaan WD selaku UPTD.

" Secara langsung kami telah perintahkan OPD terkait pelayanan kesehatan kepada warga, khususnya warga Payakumbuh untuk maksimal dalam pemberian layanan hidup sehat kepada warga melalui fasilitas kesehatan, khususnya di RSUD Adnaan WD. Banyak dana telah kita gelontorkan secara bertahap sesuai Pagu Dana tersedia. Anggaran kesehatan yang dialokasikan lebih tinggi dari alokasi Nasional. Pemkot Payakumbuh begitu konsen terhadap pelayanan kesehatan untuk masyarakat kedepanya. Walau banyak tantangan yang telah Pemko Payakumbuh hadapi. Bahkan hingga kini," sebut Riza Falepi.

Walikota tinjau gedung Kemuning
"Dimana dapat dilihat dari peralatan anastesi yang cukup canggih ditambah akan direkrutnya dokter spesialis orthopedy diharapkan keberadaan RSUD Adnan Wd yang terus meningkatkan pelayanannya. Jangan ada lagi kami mendengar warga mengeluhkan layanan yang kasar atau fasilitas yang kurang. Karena Kita sudah upayakan lengkap. Kita juga berharap masyarakat juga menghargai usaha yang telah dilakukan pemerintah. Artinya masyarakat dapat menjaga fasilitas yang telah diberikan pemerintah dari uang rakyat itu sendiri. Karena pemerintah saat ini serius melaksanakan semua program yang berkaitan dengan kesejahteraan rakyat. Silakan ini dimanfaatkan, tidak hanya oleh masyarakat Kota Payakumbuh tapi seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten 50 Kota. Mohon layanan BPJS Kesehatan juga mendukung," tutup Walikota Riza Falepi.

Usai membubuhkan tandatangan tanda diresmikannya gedung baru RSUD Adnaan WD berlantai 4 ini, Walikota bersama forkopimda didampingi Kadinkes dan Dirut RSUD Adnaan WD menyempatkan diri meninjau langsung kondisi dan isi gedung Kemuning ini.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera barat yang kala itu diwakili Kabid YanKesmas Syafwan kepada media menyampaikan apresiasi terhadap Pemko Payakumbuh. 

" Pemko Payakumbuh memang hebat, sinergitas dengan semua lini termasuk dengan kita di provinsi sangat baik. Lihat saja fasilitas kesehatannya juga sangat mewah. Kita berharap warga ikut merasakan kemegahan gedung ini dengan pemberian layanan kesehatan yang maksimal dan menyenangkan. Wajar kiranya pemko Payakumbuh bisa meraih puluhan penghargaan dalam setiap tahunnya," apresiasi Syafwan. (ul)

Pembangunan gedung lantai 4 RSUD Adnaan WD Kota Payakumbuh yang penuh dinamika dan memakan waktu multi years hari Senin (02/07/2018) diresmikan pemakaiannya oleh Walikota Payakumbuh bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat dan Forkopimda Kota Payakumbuh. Peningkatan fisik bangunan dengan peralatan yang cukup canggih dan terbaik di Sumatera Barat sebagai implementasi undang undang kesehatan, BPJS dan pelaksanaan PP Nomor 18 Tahun 2016. Melalui PP 18 Tahun 2016, rumah sakit pemerintah berbentuk UPTD dibawah Dinas Kesehatan, Pemko Payakumbuh telah laksanakan aturan ini.

[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.