Rapat Pengurus Berlangsung Alot, H. Dj. Dt. Turajo Terpilih Menjadi Ketua Formatur

Pemilihan pengurus Mesjid Al Ihsan
IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh -- Dengan berakhirnya masa tugas pengurus yang lama di Mesjid Al Ihsan Tanjung Gadang kelurahan Tanjung Gadang Sei Pinago,  jelang Ramadhan lalu. Demi optimalnya imarah, idharah dan riayah di mesjid ini, tokoh masyarakat setempat bersama pengurus menggelar rapat pemilihan pengurus baru untuk periode 2018/2022. Rapat pada sabtu malam (06/07/2018) yang dimulai ba'da Isya dipimpin langsung Ketua LPM didampingi Lurah Seprianis. Selain jemaah juga tampak dihadiri Ketua Karang Taruna.

Usai dibuka secara resmi, rapat ini diawali dengan penyampaian laporan pengurus yang disampaikan H. Dj Dt.Turajo selaku ketua.

"Sebenarnya periode pengurus sudah habis menjelang puasa, namun pemilihan dilaksanakan setelah lebaran, agar program yg sudah di susun untuk Ramadhan tidak terganggu. Secara pribadi kami atas nama pengurus juga sampaikan maaf kalau ada hal yang kurang berkenan," sebut tokoh adat ini.
Rapat ini berlangsung alot namun masih dalam koridor dan batas-batas kewajaran, khususnya saat pengurus lama melalui bendahara melaporkan data keuangan pembangunan mesjid, baik kas maupun dana pembangunan. Berbagai pertanyaan hujani pengurus. Setelah pengurus memperagakan buku kas dan bukti fisik, masyarakat pun menerima laporan keuangan pengurus lama dengan lapang dada.

Malam pun semakin larut. Dalam pemilihan pengurus baru, kembali H. Dj Dt. Turajo diamanahi sebagai ketua pengurus untuk masa bakti 2018/2022, secara formatur dan harus melengkapi kepengurusannya dalam waktu dekat guna di SK kan lurah dan Camat Payakumbuh Barat.

Lurah seprianis dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada ketua baru yang masih formatur.

" Inilah nilai demokrasi, bersama mencari mufakat untuk kebaikan bersama. Adanya pertanyaan jemaah adalah bukti sebuah tuntutan akuntabilitas dari pengurus kepada jemaah dan masyarakat. Terima kasih kepada pengurus yang lama, pembangunan yang begitu pesat akan dilanjutkan oleh pengurus baru," ucap seprianis.

Dikatakan lurah, mesjid Al Ihsan begitu megah, dibangun 3 lantai dan masih dalam tahapan finishing. Uakinlah membangun meajid tiada hentinya, ada saja yang ingin diperbaiki dan dipercantik. Disamping jemaahnya ramai, mesjid kita ini termasuk mesjid megah di Payakumbuh. Semua itu berkat sinergitas dan kerjasama yang baik antar unsur," imbuhnya.
"Setelah kepengurusan lengkap dan disetujui masyarakat, akan segera kita sk kan. Mendatang tugas besar masih menanti kita, yakni pembentukan pengurus Kongsi Kematian, Pengurus TPQ dan Panitia Qurban," pungkas Seprianis.

Harapan besar juga disampaikan H. Ahmad Zifal Anggota DPRD Kota Payakumbuh sekaligus tokoh masyarakat setempat.

" Kita berharap pengurus sekarang lebih baik dari kepengurusan sebelumnya. Tetap saling bekerjasama, tau siapa mengerjakan apa. Tampa kebersamaan, mustahil kerja berat yang juga disebut kerja sosial ini akan tuntas dilaksanakan," saran Ahmad Zifal.

Terpisah, kepala kankemenag Asra Faber yang kita hubungi di selulernya pada Sabtu pagi (07/07/2018) juga mengucapkan selamat kepada pengurus baru Mesjid Al Ihsan.

" Selamat untuk pengurus baru, walau masih formatur. Kamu yakin segera terbentuk, karena warga kelurahan ini sangat kompak," sebutnya.

"Selama 3 tahun dinas di Payakumbuh, kami aangat dekat dengan pengurus Mesjid Al Ihsan. Disamping gharimnya berkompetensi, mesjid ini punya imam dan khatib tetap serta di sk kan. Walau demikian, secara kelembagaan kita terus mendorong pengurus agar imarah,idharah dan riayah berjalan sejajar," pesan Asra Faber. (ul)

Dengan berakhirnya masa tugas pengurus yang lama di Mesjid Al Ihsan Tanjung Gadang kelurahan Tanjung Gadang Sei Pinago, jelang Ramadhan lalu. Demi optimalnya imarah, idharah dan riayah di mesjid ini, tokoh masyarakat setempat bersama pengurus menggelar rapat pemilihan pengurus baru untuk periode 2018/2022. Rapat pada sabtu malam (06/07/2018) yang dimulai ba'da Isya dipimpin langsung Lurah Seprianis didampingi Ketua LPM. Selain jemaah juga tampak dihadiri Ketua Karang Taruna.

[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.