Peserta Haji di Bekali dengan Menasik dan Bimbingan.

para Jamaah Calon haji yang telah memenuhi persyaratan keberangkatan pada tahun tersebut akan diberikan bimbingan manasik sebagai bekal bagi para calon jamaah dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji di Tanah Suci.
IMPIANNEWS.COM (Bukittinggi). 

Sebagaimana biasanya setiap tahun para Jamaah Calon haji yang telah memenuhi persyaratan keberangkatan pada tahun tersebut akan diberikan bimbingan manasik sebagai bekal bagi para calon jamaah dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji di Tanah Suci.

Adapun materi yang diberikan dalam kegiatan bimbingan manasik Jamaah Calon haji tersebut meliputi hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum keberangkatan, 

Selama perjalanan, kegiatan inti rangkaian ibadah haji, hingga persiapan kepulangan. Dengan diberikannya bimbingan tersebut diharapkan para calon jamaah haji telah siap sepenuhnya dalam menjalankan rangkaian ibadah haji.

Kasubag Tata usaha Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi H. Idria sebagai Narasumber dalam Kegiatan Bimbingan Manasik haji Kantor Urusan Agama (KUA) Kec. Mandiangin Koto selayan Senin, 09/07/2018 menyampaikan materi tentang Pelaksanaan Shalat Arbain Dan Ziarah di Masjid Raudhatul Jannah.

"kita sering mendengar istilah Arbain dari setiap orang yang ingin pergi haji ataupun telah melaksanakan haji. 

Jamaah haji selalu mengejar keutamaan salat wajib 40 waktu tanpa putus, namun tahukah kita apa sebenarnya makna arbain tersebut ? Apakah itu masuk rukun atau wajib haji ? . Jamaah haji Indonesia akan melewati fase delapan atau sembilan hari di Madinah, baik sebelum maupun setelah ibadah haji baik gelombang I maupun gelombang II mereka sering dimotivasi agar melaksanakan shalat arbain di Masjid Nabawi. 

Kadang jamaah merasa melaksanakan arbain ini menjadi keharusan dan ketika tidak bisa melakukannya maka ia sangat menyesal dan meyakini hajinya tidak afdal, bahkan tidak sah," tutur Idrial

Lanjutnya Makna arbain tersebut adalah melaksanakan shalat 40 waktu  (Isya,Subuh,Dhuhur,Ashar,Magrib) tanpa terputus berjamaah di Masjid Nabawi dan sesungguhnya arbain tersebut tidak termasuk wajib haji karena semua kegiatan haji itu adanya di Makkah bukan di Madinah. Selama jamaah  berada di Madinah memperbanyak shalat di Masjid Nabawi itulah inti dari ibadah Arbain ini sesuai dengan sabda Nabi “Dari Abu Hurairah Ra bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, Satu kali shalat di masjidku ini lebih baik dari seribu shalat di masjid selainnya, kecuali Masjidil Haram.” (HR Bukhori Muslim) (Sy)
[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.