Disambut Baik Bupati Irfendi, Mahasiswa KKN Merasa Tersanjung

Bupati 50 Kota Irfendi Arbi berikan sambutan
IMPIANNEWS.COM
Limapuluh Kota -- Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi mengaku sangat gembira dengan kehadiran mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi ternama di Kabupaten Limapuluh Kota. Ia optimis para calon intelektual itu akan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan daerah ini.

Terpisah, para mahasiswa KKN dari berbagai perguruan tinggi itu juga mengaku tersanjung dengan sambutan bupati.

“Kita sangat bersyukur dan berterimakasih dengan kedatangan para mahasiswa KKN di daerah ini. Saya yakin sekali, mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi akan memberikan berbagai hal positif bagi masyarakat dan nagari,” tutur Bupati Irfendi kepada wartawan di Sarilamak, Sabtu (30/06/2018) kemaren.

Untuk itu, ia meminta masyarakat dan pemerintahan nagari benar-benar menyambut dan memfasilitasi mahasiswa itu dengan sebaik-baiknya. Sebab, mereka datang bisa dipastikan mempunyai program dan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Mari kita dukung dan fasilitasi mahasiswa yang ber-KKN di daerah ini. Lebih pentingnya lagi, ayo kita manfaatkan ilmu dan keterampilan mahasiswa itu untuk menggali dan mengankat setiap potensi yang ada di nagari,” tutur Irfendi.

Selain itu, Irfendi juga berharap agar mahasiswa yang mengikuti KKN itu agar benar-benar mampu merangkul dan bekerjasama dengan masyarakat. Artinya, mahasiswa ini hendaknya mampu menempatkan diri menjadi bagian yang tidak bisa terpisahkan dari masyarakat.

Disamping berbaur dengan masyarakat, para mahasiswa itu juga diminta agar bisa memetakan berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat untuk kemudian mencarikan solusi buat mendorong kemajuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Tentunya kita sangat berharap agar mahasiswa KKN tersebut bisa memberikan kontribusi positif,  baik tenaga maupun pikiran sehingga memberikan sesuatu yang berguna bagi masyarakat nagari dan pemerintah daerah,” kata Irfendi.

Lebih lanjut Irfendi mengajak mahasiswa untuk peka terhadap persoalan nyata di masyarakat. Tak kalah pentingnya, mampu menjadikan pengalaman selama menjalani program KKN itu sebagai ilmu untuk tampil sebagai calon pemimpin di masa depan.

Selain berkontribusi positif terhadap masyarakat dan nagari, para mahasiswa KKN juga dapat membantu mensukseskan program pemerintah daerah Kabupaten Limapuluh Kota terutama dalam hal pengembangan usaha dan ekonomi masyarakat sesuai potensi yang ada di nagari.

“Kita berharap agar para mahasiswa KKN tersebut bisa memotivasi masyarakat untuk meningkatkan usaha perekonomiannya seperti home industri, pertanian dan lainnya. Tidak dipungkiri, saat ini masih ada masyarakat kita yang miskin dan tertinggal,” aku Irfendi.

Seperti sering disampaikan para pembibing mahasiswa, program KKN itu diharapkan dapat menjadi wahana berkiprah di desa dan  berpartisipasi dalam pembangunan nagari dengan memberikan ide, inovasi, dan gagasan dalam pengelolaan berbagai potensi yang ada di nagari.

"Saya berharap mudah-mudahan kedatangan mahasiswa dari perguruan tinggi itu dapat memberikan ilmu pengetahuan pada warga, dunia pendidikan, kegiatan  PKK, serta lainnya,” pinta Irfendi.

Terpisah mahasiswa KKN UGM di Kecamatan Harau Afifah dan Akhila mengatakan, ia dan teman-temannya siap membuat program yang diharapkan dapat membantu pengembangan potensi yang ada di nagari.

"Kami sangat siap membantu masyarakat dan nagari dengan program yang kami siapkan. Salahsatunya, kami akan membuat vidio keindahan objek wisata Lembah Harau dan membuatkan websitenya untuk meningkatkan promosi objek wisata unggulan daerah ini,” ujar Afifah sembari menyebut sangat tersanjung dan berterimasih atas sambutan hangat bupati terhadap mahasiswa KKN UGM di Kecamatan Harau.

Hal senada juga dilontarkan para mahasiwa KKN Unand, serta mahasiwa Bandung yang menjadi panitia acara sunatan massal dengan perantau Gonjong Limo Bandung di Harau berapa waktu lalu.

Seperti sudah diberitakan sebelumnya, ratusan bahkan ribuan mahasiswa dari  perguruan tinggi termasuk universitas terkemuka di Indonesia melakukan KKN di berbagai nagari di Kabupaten Limapuluh Kota. Perguruan tinggi yang telah menempatkan mahasiswanya itu antara lain Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Andalah (Unand) dan Baiturahmah dan lainnya. (ul)

Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi mengaku sangat gembira dengan kehadiran mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi ternama di Kabupaten Limapuluh Kota. Ia optimis para calon intelektual itu akan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan daerah ini. Terpisah, para mahasiswa KKN dari berbagai perguruan tinggi itu juga mengaku tersanjung dengan sambutan bupati.

[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.