Irfendi Arbi Terima Penghargaan MKK di Manado

Irfendi Arbi memperoleh Penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) tahun 2018.
IMPIANNEWS.COM (Limapuluh Kota).

BUPATI Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi memperoleh Penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) tahun 2018. Penghargaan itu disematkan langsung oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani kepada Irfendi Arbi pada malam penganugerahan Penghargaan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dalam rangkaian acara puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV tahun 2018 di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara, Jumat (6/7) malam.

Penghargaan tertinggi bagi sosok Irfendi Arbi tersebut diraih karena ia dinilai memiliki komitmen dan dedikasi yang tinggi terhadap program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Penghargaan Manggala Karya Kencana itu merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Pusat melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) kepada sosok yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk, Keluarga Berencana (KB) dan Pembangunan Keluarga,” ungkap Kepala DPPKBP3A Kabupaten Limapuluh Kota Hj. Yeni Elvi, S.St.

Bupati Irfendi Arbi yang dikonfirmasi mengaku sangat bersyukur mendapatkan penghargaan bergengsi tersebut. Ia menyebut, penghargaan itu merupakan keberhasilan dan prestasi masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota.

“Alhamdulillah, kita bersyukur dianugerahi penghargaan Manggala Karya Kencana. Ini adalah prestasi masyarakat, karena penghargaan ini tidak terlepas dari peran masyarakat dan berbagai pihak terkait dalam membangun keluarga yang sehat dan sejahtera di Kabupaten Limapuluh Kota,” ujar Irfendi Arbi sembari mengucapkan terimakasihnya kepada BKKBN atas diperolehnya penghargaan tersebut.

Anggota DPRD dan para tokoh masyarakat serta perantau mengapresiasi Bupati Irfendi Arbi yang sukses meraih berbagai prestasi menonjol bagi daerah ini. Mereka berharap penghargaan itu semakin menggelorakan KB dan terwujudnya keluarga sejahtera yang bisa melahirkan generasi yang cerdas di bumi Limapuluh Kota ini.

“Kita mengapresiasi keberhasilan Bupati Irfendi Arbi yang memperoleh penghargaan bergengsi tersebut. Kita berharap, penghargaan itu menjadi motivasi bagi daerah ini untuk terus meningkatkan program kependudukan, guna memperbaiki kualitas hidup manusia di Kabupaten Limapuluh Kota ke depannya,” ungkap Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Syafaruddin, SH Dt. Bandaro Rajo, menjawab wartawan, Minggu (8/7).

Senada anggota DPRD yang sama H. Darlius, juga mengaku bangga atas perolehan Tanda Penghargaan Manggala Karya Kencana tersebut. Ia optimis Limapuluh Kota ke depan semakin berjaya di kancah nasional.

“Kita bangga Bupati Irfendi Arbi mendapatkan Manggala Karya Kencana, sebab penghargaan itumerupakan penghargaan tertinggi buat sosok yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap Program Kependudukan dan Keluarga Berencana dalam Pembangunan Keluarga Sejahtera. Kita berharap semua pihak mendukung semua program bupati demi mewujudkan Limapuluh Kota yang sejahtera,” tutur Darlius.

Apresiasi serupa juga dilontarkan Wakil Ketua LKAAM yang juga Ketua Tarbiyah Perti Kabupaten Limapuluh Kota Z Dt. Rajo Mangkuto, M.Pd, sertaKetua BAMUS Kenagarian Guguak Kecamatan Guguak Fakhri Dt. Sumu,anggota Bamus Ulu Aia Kecamatan Harau Muhammad Amin, A.Md dantokoh masyarakat Kenagarian Koto Alam Kecamatan Pangkalan Haidir Harun. Menurut mereka, Irfendi Arbi memang layak mendapatkan penghargaan karena dukungan dan komitmennya terhadap program KKBPK selama ini.

“Kami sangat senang dan bangga Bupati Irfendi Arbi mendapatkan pengharaag MKK tersebut. Kita berharap penghargaan bisa menjadi kotivasi bagi seluruh pihak di daerah ini untuk membangun kualitas dan kesejahteraan hidup masyarakat yang lebih baik lagi ke depannya,” papar Z Dt. Rajo Mangkuto serta para tokoh masyarakat lainnya di tempat terpisah.

Ucapan serupa juga muncul dari para perantau, salahsatunya dilontarkan perantau di Jakarta Julmaini Dt. Langik. Menurutnya, berbagai prestasi itu membuktikan Limapuluh Kota terus berupaya memposisikan diri sejajar dengan daerah lainnya.

“Luar biasa, Bupati Irfendi Arbi terus menunjukan kebolehannya bagi daerah ini. Kita bangga dan dangat gembira atas perolehan prestasi ini,” Julmaini dari balik gagang telepon.

Keterangan Kepala DPPKBP3A Kabupaten Limapuluh Kota Hj. Yeni Elvi, S.St, penghargaan MKK itu diraih karena sosok Irfendi Arbi dinilai memiliki dedikasi tinggi terhadap program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga antara lain terlihat dari alokasi anggaran daerah untuk program KKBPK, serta kebijakan kepala daerah yang mendukung dan memberikan perhatian khusus terhadap pembangunan keluarga, menekan laju pertumbuhan penduduk dan meningkatkan cakupan Keluarga Berencana di daerah ini. Selain itu Irfendi Arbi juga menyokong program Kampung KB.

Selain Irfendi Arbi, dalam rangkaian acara Harganas itu pasangan KB Lestari 15 tahun Mulyadi dan Leni Yulia Hasan, S.Pd asal Kabupaten Limapuluh Kota yang mewakili Provinsi Sumatera Barat juga sukses merebut juara 3 Tingkat nasional. (ul)