Sampai H-2 Idul Fitri Lalu Lintas di Sumbar Lancar


IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Dua hari menjelang Hari Raya Idul Fitri arus lalu lintas di Sumatera Barat masih lancar. Lonjakan kedatangan justru terjadi di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dan meningkat dari sebelumnya.

"Dari H-8 sampai H-2 arus lalu lintas hampir di semua titik lancar. Tidak ada kemacetan karena sudah diantisipasi dengan baik dari aparat kepolisian dibantu TNI, unsur Pemda serta pihak lainnya seperti Jasa Raharja," kata Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno saat mengunjungi beberapa Posko Pengamanan (Pos Pam) di Kota Padang dan Padang Pariaman, Rabu (13/6/2018).

Gubernur Irwan menyebut, sejauh ini tidak ada gangguan keamanan dan ketertiban. "Masyarakat masih nyaman dalam aktifitasnya baik yang datang maupun yang pergi menjelang hari raya. dan mudahan-mudahan kondisi ini terus terjaga," sebutnya.

Irwan mengatakan, kondisi yang cukup ramai terjadi Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Dari data di bandara sudah tercatat 89 ribu penumpang yang datang dan pergi sejak H-8. Jumlahnya meningkat dari tahun sebelumnya. Yang paling banyak adalah penumpang yang datang.

"Semua ini sudah diantisipasi pihak maskapai dan Angkasa Pura dengan menyediakan pesawat berbadan besar dengan kapasitas penumpang lebih banyak," ujar Irwan.

Adapun kehadiran Gubernur bersama Kapolda dan Walikota Padang ke titik pengamanan guna memberikan dukungan dan semangat kepada petugas di posko pengamanan.

"Kehadiran kita ke posko untuk memberikan semangat dan dukungan kepada yang bertugas di Posko agar sampai habis lebaran nanti bersemangat dan berhasil menjaga lalulintas lancar, tidak ada gangguan berarti," ucapnya.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal mengatakan, untuk mengantisipasi kemacetan, gangguan keamanan dan ketertiban pihaknya melibatkan 6.000 personil gabungan dibantu TNI dan Pemda.

"Alhamdulillah, kondisi lalu lintas ke beberapa arah di Sumbar lancar. Kalaupun ada yang tersendat, tapi tidak macet," kata Kapolda.

Untuk keamanan, Kapolda menyebut, Sumbar aman dan terkendali. "Tidak ada sniper yang ditempatkan karena daerah kita aman," tukasnya.

Sementara itu, Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Padang Alwis mengatakan, Pemko Padang juga menurunkan personil dari Dinas Perhubungan, Pol PP, Dinas Kesehatan untuk membantu di Pos Pam lebaran. 

"Pemko menurunkan personil dari Satuan Keja Perangkat Daerah untuk membantu di Pospam lebaran," katanya.

Semua itu, kata Alwis, untuk mengantisipasi agar suasana di Kota Padang bebas dari macet, lebih aman dan tertib sehingga suasana lebaran di Kota Padang lebih nyaman.

"Kita antisipasi agar Padang tidak macet dan suasanaa lebaran aman dan nyaman," tukasnya.(th)
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.