Longsor di Nagari Gurun Hantam 2 Rumah, 2 Warga Derita Luka Ringan


Longsor
IMPIANNEWS.COM (Limapuluh). 

Ketenangan warga pasca lebaran dibuncahkan kabar longsor yang melanda 2 rumah warga yang tinggal di seputaran  Lubuak Jantan, Nagari Gurun, Kec. Harau, Kab. Limapuluh Kota. Lokasi longsor yang tidak jauh dari SD ini melukai 2 (dua) korban. Diduga longsor akibat proyek pengembangan perumahan PT. R. yang sudah pengerjaan sejak 1 tahun lalu. Ratusan warga bersama tim gabungan tampak sibuk melakukan penanganan, termasuk dari pihak PT. R yang menurunkan 2 alat beratnya.

Sebagaimana imformasi yang media dapatkan dari Kalaksa BPBD Kab. 50 Kota, Joni Amir melalui WA pribadinya, pada Sabtu sore (23/06/2018). 

"Musibah longsor landa 2 buah rumah yakni rumah kayu (pabrik tahu) ukuran 4x6 meter milik Sucipto dan rumah kayu ukuran 4x6 meter milik Yunus. Longsor dengan muatan tanah dan pasir dengan volume sekitar 100  kubik sepanjang 50 meter dan tinggi 2 meter juga mengakibatkan 2 korban luka ringan dan trauma, yaitu Joni Iskandar (34 th) dan Tuniah (70 th). Saat ini penanganan dilakukan oleh pihak pengelola pengembang perumahan PT. R, untuk membuat jalur air dari bukit tersebut,supaya air tidak menumpuk yang akan mengakibatkan lonsoran baru," tulis Joni Amir.

Terkait kronologi, Joni Amir menulis," pembukaan lahan perumahan dari PT. R yang mengikis bukit yang menimbun mata air di pinggang bukit, sehingga terjadi penumpukan bahan di mata air. Karena pasir timbunan telah lunak membawa material yang banyak sehingga menimbulkan lonsor. Kondisi terkendali, selain bantuan warga kita telah turunkan TRC PB dibantu PU, Koramil Harau dan Polsek Harau serta pihak PT R sebagai pengembang perumahan," tukuk joni Amir.

Salah seorang tokoh masyarakat, Eko Wahyudi menyebutkan bahwa masyarakat Gurun sangat wellcome terhadap tamu. Hanya kami selalu tekankan lamak dek katuju dek urang. Dimana saja kita hidup, pasti nyaman, " pesannya.

Sementara itu, Kapolres 50 Kota AKBP. Haris Hadis melalui Kasat Reskrim, AKP. Anton Luther didampingi Kasubag Humas, AKP. Efrizul akan melakukan pemanggilan terhadap pihak pengembang perumahan untuk dimintai keterangan. (ul)
[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.