Irfendi Arbi Terima Kunjungan Tim Verifikasi KLA 2018

IMPIANNEWS.COM (Limapuluh Kota). 

Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi bersama jajarannya di Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota menyambut kunjungan rombongan Tim Verifikasi Lapangan Dalam Rangka Evaluasi Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2018, dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia di Rumah Dinas Bupati Limapuluh Kota, Labuah Basilang, baru-baru ini.

Ketua tim evaluasi dan verfikasi, Nanan Abdul Chanan dalam kunjungannya tersebut menjelaskan bahwa kegiatan verifikasi ini bukanlah sebuah ajang perlombaan untuk menilai suatu Kabupaten/Kota, namun kegiatan verifikasi ini adalah alat ukur untuk melihat keberhasilan sebuah Kabupaten/Kota dalam mencanangkan perlindungan terhadap anak dan Perlindungan khusus anak.

Dikatakannya, ada beberapa indikator yang perlu dipenuhi dalam mewujudkan kabupaten layak anakini. Pertama bagaimana mendorong peran orangtua dalam menjaga anak-anak mereka termasuk menyiapkan menu makanan yang sehat dan bergizi, serta menjamin pemenuhan pendidikan anak.

Kedua, bagaimana peran masyarakat dalam mendorong kontribusi dan peran anak dalam setiap kegiatan masyarakat. Ketiga, menciptakan lingkungan yang ramah terhadap anak, dan keempat bagaimana kontribusi peran media dalam menutup aib anak.

Lebih lanjut, Nanan menyampaikan, jika dalam program kabupaten/kota layak anak ini terakumulasi 320 kabupaten-kota yg mengikuti evaluasi mandiri kabupaten layak anak ini. Dan dari 320 ini mengerucut ke tahap proses verifikasi kedua menjadi 222 kabupten/kota yang lolos dengan perolehan nilai verifikasi administrasi rata-rata 500 ke atas.

Setelah beberapa tahap Sekarang, maka tersisa sebanyak 188 kabupaten/kota yang lolos dan Kabupaten Limapuluh Kota termasuk di dalamnya.

“Sekarang tersisa 188 kabupaten/kota yang akan berproses namun hasil akhirnya di tangan Menteri PPPA. Jadi jumlah 188 ini adalah hasil akhir dari tiga kali proses. Dan hasil terakhirnya akan diumumkan pada saat Rakornas kabupaten/kota layak anak oleh menteri pada 23 Juli mendatang di Surabaya,” katanya.

Dikesempatan itu dirinya menyampaikan bahwa tim verifikasi yang ia pimpin telah mengunjungi beberapa lokasi di Kabupaten Limapuluh Kota, diantaranya SMA N 1 Harau, Polres Limapuluh Kota, Lapas Anak Limapuluh Kota, Puskesmas Tanjung Pati, Kebeberapa Forum Anak, ke Dinas-dinas terkait dan ke bagian Humas Kabupaten Limapuluh Kota.

"Sebelum pertemuan ini kami telah berkunjung ke beberapa lokasi di Kabupaten Limapuluh Kota. Dari kunjungan tersebut kami mendapatkan telah banyak kemajuan dan potensi yang ada dikabupaten Limapuluh Kota dalam mendukung hak perlindungan pada anak, namun ada beberapa catatan untuk dapat ditingkatkan lagi kedepannya,"pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Limapuluh Kota, H. Irfendi Arbi mengucapkan selamat datang kepada tim verifikasi Kabupaten Layak Anak dari Kementrian PPPA tersebut, di Kabupaten yang ia pimpin.

"Saya atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota mengucapkan selamat datang datang kepada bapak dan ibu didaerah kami, ini merupakan satu kehormatan bagi masyarakat kami, sebab menjadi salah satu kabupaten yang akan di evaluasi oleh tim verifikasi KLA dari Kementrian PPPA,"ujarnya.

Selanjutnya Bupati mengatakan bahwa, verifikasi dari tim penilai KLA ini merupakan program dari Pemerintah Pusat yang sangat komprehensif untuk Pemerintah Daerah.

"Program ini memberikan inovasi terhadap tumbuh dan kembangnya anak didaerah, sehingga akan melahirkan anak dengan pribadi dan mental yang tangguh dan memiliki daya saing,"sambungnya.

Dirinya berharap dengan kegiatan ini dapat menjadi pendorong bagi Dinas terkait untuk lebih meningkatkan kinerjanya serta lebih aktif mengembangkan program-program inovatif dengan melibatkan stake holders terkait sebagai modal dasar yang dapat di kembangkan menjadi sebuah potensi pengembangan pembangunan Kabupaten Layak Anak didaerahnya.

"Kami Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota melalui Dinas terkait, insyaallah akan terus berusaha untuk meningkatkan seluruh hal yang terkait dengan perlindungan dan hak anak sehingga nantinya, keberhasilan pembangunan Kabupaten Layak Anak bisa kami capai," pungkasnya.(ul)
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.