HUT Ke 28 Komunitas Seni Intro Payakumbuh, Tuai Apresiasi

Peringatan hari jadi ke 28 tahun Komunitas Seni Intro Payakumbuh
IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh -- Dipusatkan di Sekretariat Komunitas Seni Intro Payakumbuh sedang digelar teater pertunjukan seni dalam rangka memperingati 28 tahun berdirinya Komunitas Seni Intro Payakumbuh yang terletak di daerah Padang Tangah Kelurahan Padang Tangah Balai Nan Duo. Pertunjukan seni yang dirangkai dengan berbagai kegiatan ini digelar selama 2 hari dan dihadiri ratusan seniman Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Kab. 50 Kota-red) bahkan dari luar provinsi Sumatera Barat, Rabu (20/06/2018). Selain seniman, acara yang menuai banyak apresiasi ini juga tampak dihadiri Supardi salah seorang putra daerah Payakumbuh yang menjadi Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat. 

Juga tampak dihadiri Wendy Chandra anggota DPRD Kab. 50 Kota dan Wulan Denura anggota DPRD Kota Payakumbuh serta tokoh dan pecinta seni lainnya yang ada di Luak Limopuluah. Turut hadir beberapa personil wartawan dari Balai wartawan Luak Limopuluah.

Pembuka kata, H. Yusra Maiza dalam sambutannnya menyampaikan selamat Idul Fitri mohon maaf lahir dan bathin. 

"Demi kemajuan seni, Mari kita satukan misi dan misi kita dalam momen Idul Fitri dan milad ke 28 Komunitas Seni Intro Payakumbuh," sambut ringan Yusra Maiza yang juga Ketua KONI Kota Payakumbuh ini.

Dituturkan Ketua Komunitas Semni Intro Payakumbuh, Iyut Fitra, bahwa 28 tahun komunitas ini berdiri telah memberikan konstribusi dalam memajukan seni di Payakumbuh.

" Kami telah melalui berbagai tantangan dalam memajukan seni di Payakumbuh, dan ini mendidik kami untuk membesarkan jiwa. Kita berharap nantinya lahir generasi muda semakin mencintai seni yang cinta seni dan cinta wilayah kreatif seni dan ikut memajukan daerah. Tidak bisa kita nafikan, tingkat kepedulian di Payakumbuh masih kurang dan butuh perhatian lebih. Kita juga berharap dukungan dari pemerintah daerah, bagaimana seni dijadikan sebuah perhatian lebih," harap Iyut Fitra.

Sementara itu pelaku seni Sumbar, Yusril Katil menyebutkan Payakumbuh memiliki potensi besar dalam seni, karena kota ini kaya sejarah yang perlu digali lebih dalam lagi.

"Kita sangat apresiasi dengan Komunitas Seni Intro Payakumbuh, banyak lahir seniman dan budayawan besar lahir dari daerah ini. Intro merupakan salah satu komunitas seni yang hidup dan selalu eksis untuk Sumatera Barat, disamping komunitas yang ada di Padang dan Padang Panjang. Selamat hari jadi untuk Intro, semoga semakin jaya dalam berkontribusi," apresiai Yusnil Katil.

Ditambahkan seniman lainnya Ijot Goblin, selain pertunjukan berbagai seni, puisi dan musik, hari jadi ke 28 Intro ini juga kita rangkai dengan orasi budaya, tari, pemran fhoto, kemah seni. Malam ini kita juga akan serahkan hadiah kepada 5 pemenang cipta puisi, yang mana lomba ini telah kita mulai sebelumnya. Pada puncak acara yaitu besok Kamis (21/06/2018) akan kita isi juga dengan kegiatan sosial dan aksi wakaf buku yang telah berhasil dikumpulkan Intro dari para tamu undangan. Selain personil Intro yang ada di Luak Limopuluah, acara kita ini juga dihadiri para mantan yang tersebar di Pulau Sumatera dan Jawa, seperti dari Jogja, Sumatera Utara, Batam dan lainnya. Yang pasti personil Intro sudah banyak tersebar dimana-mana untuk menuruti garisan hidup dari Allah SWT," Ijot Goblin tambahkan.

Tari suluah bendang dalam nagari dr sanggar pituah bundo
pimpinan hendri mamak mengisi acara ulang tahun ke 28 Intro
Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Elfriza Zaharman yang kita hubungi di selulernya pada Rabu malam (20/06/2018) mengucapkan selamat hari jadi ke 28 tahun 2018 untuk Komunitas Seni Intro Payakumbuh.

" Tentunya, pertama ucapan selamat untuk peringatan 28 tahun hari jadi Intro Payakumbuh. Suatu pencapaian yang panjang sehingga mencapai usia  ini, dan banyak yang telah diperbuat untuk seni budaya dan sastra sehingga bisa melahirkan karya yang luar biasa, sampai ke tingkat internasional. Dan juga telah mampu mendidik generasi muda untuk belajar, dan mereka bisa. Hal menarik lainnya juga ada perpustakaan gratis untuk anak-anak yang bisa menambah wawasan untuk kemajuan seni dan budaya komunitas. Intro juga ikut berkonstribusi dan berpartisipasi besar untuk Kota Payakumbuh, seperti dalam iven Payakumbuh Botuang Festival, perkusi dan banyak kegiatan pariwisata yg mendapat dukungan penuh dari komunitas Intro. Selamat hari Jadi ke 28 untuk Intro dan terima kasih atas partisipasinya, kerjasamanya serta dukungan, demi kemajuan pariwisata di Payakumbuh," sebut Elfriza Zaharman yang akrab disapa Cece.

Apresiasi lain juga hadir disampaikan Wendy Chandra, " Intro mampu tumbuh dan berdiri tangguh di atas kakinya. Kreatifitas personil Intro mampu melahirkan berbagai kreasi besar. Dan kita di Kab. 50 Kota ikut menikmati hasil kreatifitas Intro ini. Banyak objek yang belum tergali di Kab. 50 Kota dan Intro hadir dan berkoordinasi untuk menggali semua itu secara perlahan tapi pasti. Selamat hari jadi ke 28 untuk Intro. Teruslah mengasah personil dan teruslah berbuat untuk negeri," sebut Wendy Chandra anggota DPRD Kab. 50 Kota yang juga penggemar seni.

Wulan Denura, " Intro telah mampu merangkul generasi muda pecinta seni. Lihat saja penampilan dari puisi yang dibawakan adik-adik kita dari berbagai SMA sederajat. Kita berharap kedepan prestasi ini dipertahankan dan ditingkatkan. Atas nama wakil rakyat, tentunya kita akan terus mendorong pemerintah daerah untuk berupaya bersama-sama menghidupkan komunitas seni yang ada di Payakumbuh. Selamat hari jadi untuk Intro," sebut politisi muda ini yang juga ikut bawakan sebuah puisi dalam momen ini.

Ucapan selamat lainnya hadir dari pengasuh sanggar pituah bundo, Hendri mamak. " Tentunya kita berharap Intro mampu merangkul dan saling bahu membahu dengan pecinta seni yang tersebar di Payakumbuh. Banyak para seniman dan budayawan senior yang tergabung dalam Intro yang tentunya akan memberikan masukan terbaik kepada pecinta seni, khususnya kami di sanggar pituah bundo. Selamat hari jadi ke 28 untuk Intro, terima kasih telah selalu merangkul dan mengikutsertakan sanggar pituah bundo dalam setiap kegiatan," pungkas Hendri.

Hingga berita ini kami turunkan, tampak di sekretariat komunitas seni Intro masih berlangsung berbagai pertunjukan seni dan akan berakhir besok malam.ul

Dipusatkan di Sekretariat Komunitas Seni Intro Payakumbuh sedang digelar teater pertunjukan seni dalam rangka memperingati 28 tahun berdirinya Komunitas Seni Intro Payakumbuh yang terletak di daerah Padang Tangah Kelurahan Padang Tangah Balai Nan Duo. Pertunjukan seni yang dirangkai dengan berbagai kegiatan ini digelar selama 2 hari dan dihadiri ratusan seniman Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Kab. 50 Kota-red) bahkan dari luar provinsi Sumatera Barat, Rabu (20/06/2018). Selain seniman, acara yang menuai banyak apresiasi ini juga tampak dihadiri Supardi salah seorang putra daerah Payakumbuh yang menjadi Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat.

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.