Elzadaswarman : Walau Libur, Pelayanan Kesehatan Tetap Tujuan Utama Dinas Kesehatan

Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh Elzadaswarman
paparkan pola layanan kesehatan selama libur lebaran 2018
IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh -- Layanan kesehatan untuk warga Indonesia merupakan sebuah hak azazi warga negara yang dijamin undang-undang, termasuk dalam libur panjang lebaran Idul Fitri yang dimulai tanggal 10 s/d 20 Juni 2018. Liburan ini dirasakan manfaatnya bagi semua warga Indonesia untuk dapat mudik dan berkumpul dengan keluarga di kampung halaman. Selain untuk meningkatkan silaturahim juga melepaskan rasa rindu dengan handai tolan. Libur Idul Fitri yang memberi keberkahan tidak hanya untuk umat muslim, tapi non muslim pun ikut merasakannnya. Untuk mendapatkan kenyamanan dalam menjalankan libur lebaran 2018, kementerian kesehatan dan BPJS telah menyiapkan peleyanan kesehatan untuk para pemudik dan balik, disamping pelayanan kesehatan reguler seperti biasanya. Walaupun sebagain terdapat perubahan pola pelayanan dan jadwal. Tapi pelayanan kesehatan tepap menjadi target utama, meskipun libur lebaran.

ASN dan petugas kesehatan juga memiliki hak yang sama untuk libur lebaran, namun demikian dinas kesehatan telah membagi personil sesuai jadwal piket, untuk memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat, baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), puskesmas dan rumah sakit. Untuk layanan di FKTP dan puskesmas dimulai pukul 08.00 hingga 14.00 siang, sedangkan untuk UGD tetap berjalan 24 jam. Dengan diraihnya prestasi UHC oleh Payakumbuh, tidak ada alasan untuk menolak pemberian layanan kesehatan terhadap warga, dan ini merupakan komitmen yang harus direalisasikan secara optimal. 

Untuk pelayanan kesehatan di RSUD Adnaan WD sendiri, pemko berupaya untuk terus berbenah, saat ini RSUD Adnaan WD sudah siapkan 10 ruang VIP baru. Selain itu tetap menjalankan sistem rujuk apabila ruang rawatan penuh. Sehingga tidak ada kata khawatir untuk mendapatkan layanan kesehatan bagi warga, meskipun Kartu BPJSnya terdata berada di luar kota Payakumbuh. Dengan BPJS Online kita bisa akses data pasien, sehingga layanan dapat mereka dapatkan. Yang tidak bisa dielak di rumah sakit adalah pelayanan proses bersalin dan laka lantas, kondisi ini adalah adalah situasi urgen. dan semua itu telah kita bagi jadwal piket petugas.

Keterangan layanan kesehatan ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Elzadaswarman dalam jumpa pers yang digelar BPJS Kesehatan pada Senin (04/06/2018) di Gedung BPJS Payakumbuh Jalan Ade Irma Suryani Kelurahan Koto Kociak Kubu Tapak Rajo Kec. Payakumbuh Utara. Selain pejabat dan pegawai BPJS Kesehatan Payakumbuh, jumpa pers sore ini tampak dihadiri awak media BW Luak Limopuluah.

Secara teknis layanan kesehatan di rumah sakit, Dirut RSUD Adnaan WD Efrizanaldi menambahkan bahwa petugas kesehatan di RSUD Adnaan WD dibagi jadwal sesuai shift.

" Kita sudah bagi personil piket libur lebaran, untuk tanggal 11 s/d 14 Juni, pelayana tetap seperti biasanya, namun pada tanggal 14 s/d 17 Juni layanan di semua Poliklinik tutup sementara. Pelayanan dipusatkan di IGD dengan layanan dokter umum denagn menerapkan control on call system. Terkait ketersediaan obat penyakit kronis telah disediakan di apotik rumah sakit. Pelayanan lain yang juga diterapkan adalah layanan cui darah, termasuk visite dokter spesialis. Intinya, selama libur lebaran pelayanan kesehatan untuk masyarakat tetap berjalan, bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Payakumbuh, Ryan Abdullah Putra yang kesempatan itu diwakili Kabid Pelayanan, Hermawan Priyastomo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Dinas Kesehatan payakumbuh dan Dirut RSUD Adnaan WD yang telah memberikan penjelasan terkaita layanan kesehatan selama libur lebaran 2018.

" Untuk memberikan dan meningkatkan layanan kepada masyarakat, BPJS Kesehatan selaku badan yang melayani registrasi administrasi kesehatan sekarang dapat diakses dengan android, silahkan unduh di Playstore Mobile JKN. Didalam aplikasi ini, warga dapat memilih failitas kesehatan sesuai keinginan, mencari imformasi dan screening kesehatan," pungkas Hermawan.

Jumpa pers BPJS Kesehatan Payakumbuh sore itu ditutup dengan buka bersama dengan awak media BW Luak Limopuluah yang sebelumnya diawali dengan tausiyah yang disampaikan Yongky Oktrio.ul

Layanan kesehatan untuk warga Indonesia merupakan sebuah hak azazi warga negara yang dijamin undang-undang, termasuk dalam libur panjang lebaran Idul Fitri yang dimulai tanggal 10 s/d 20 Juni 2018. Liburan ini dirasakan manfaatnya bagi semua warga Indonesia untuk dapat mudik dan berkumpul dengan keluarga di kampung halaman. Selain untuk meningkatkan silaturahim juga melepaskan rasa rindu dengan handai tolan. Libur Idul Fitri yang memberi keberkahan tidak hanya untuk umat muslim, tapi non muslim pun ikut merasakannnya. Untuk mendapatkan kenyamanan dalam menjalankan libur lebaran 2018, kementerian kesehatan dan BPJS telah menyiapkan peleyanan kesehatan untuk para pemudik dan balik, disamping pelayanan kesehatan reguler seperti biasanya. Walaupun sebagain terdapat perubahan pola pelayanan dan jadwal. Tapi pelayanan kesehatan tepap menjadi target utama, meskipun libur lebaran.

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.