Diresmikan Wakil Walikota, Baliak Payolansek Resmi Menjadi PUTRI RAYOLA Payakumbuh

Wawako Erwin Yunaz resmikan daerah Baliak Payolansek
sebagai Kampung Tridi-nya Payakumbuh
IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh -- Minggu (24/06/2018) pagi, Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz meresmikan keberadaan Kampung Tiga Dimensi (3D) di RT.1 / RW 1, Kelurahan Payolansek, Kecamatan Payakumbuh Barat. Kampung 3D pertama di Kota Payakumbuh ini dipopulerkan dengan nama PUTRI RAYOLA atau sikatan dari kamPUng TRIdi keluRAhan paYOLAnsek. 

Hadir pada peresmian tersebut Camat Payakumbuh Barat, Nurdal didampingi Lurah Payolansek, Budi Kurniawan, sejumlah perwakilan OPD, Ketua LPM, Syukri Yusuf, serta para tokoh dan masyarakat Kelurahan Payolansek.

Dikatakan Lurah Payolansek, latar belakang dibentuknya PUTRI RAYOLA dalam rangka memadukan  demam foto selfie yang tengah booming di media sosial dengan penataan kawasan kumuh di Kelurahannya. 

"Kami coba padukan dua hal berbeda dengan PUTRI RAYOLA ini, yaitu menfasilitasi hobi berselfi di tempat-tempat menarik dengan upaya menata kawasan kumuh menjadi kawasan bersih," ujar Lurah Budi saat ditemui disela-sela acara peresmian. 
Dijelaskan, sebelum berdiri PUTRI RAYOLA, lingkungan RT.1/RW.1 termasuk kawasan kumuh Dan tertinggal dari kawasan lain di Kelurahan Payolansek.  

"Kawasan ini awalnya terkategori kumuh sehingga masuk dalam program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Dinas PUPR. Kami berfikir bagaimana mengubah prediket itu,  salah satunya dengan membentuk PUTRI RAYOLA. Kita siapkan Spot foto 3D  disini, sehingga dengan sendirinya masyarakat akan menjaga kebersihan Dan mamindahan kampung," terang Budi. 

Ditambahkan, kedepan PUTRI RAYOLA akan diproyeksikan sebagai kampung pariwisata dengan berbagai spot foto yang menarik. 

"Diharapkan, masyarakat Akanw semakin bersemangat mempercantik lingkungannya, "ujar Budi.  

Wawako Erwin Yunaz sampaikan apresiasi
Wakil Walikota mengapresiasi inovasi yang telah dilakukan oleh Lurah Payolansek dengan berdirinya Kampung 3D tersebut. Menurutnya, langkah tersebut perlu dicontoh oleh kelurahan bahkan instansi lain yang ada di Kota Payakumbuh. 

"saya epresiasi apa yang telah dibuat oleh Pak Lurah bersama LPM dan masyarakat Payolansek. Kreatifitas seperti inilah yang kita dibutuhkan. Bagaimana pemimpin mampu menggali segala potensi yang ada pada diri dan daerahnya ketuanya. Saya harap Ini bisa dicontoh oleh para lurah ataupun pimpinan instansi yang ada di Pemko Payakumbuh," ujar Wawako, Erwin Yunaz. 

Dijelaskan Erwin, Pyakumbuh membutuhkan para pemimpin yang visioner pada setiap level. Hal itu disebabkan keterbatasan anggaran APBD yang dimiliki, sehingga membutuhkan kreatifitas dalam banyak aspek untuk membantu menggerakkan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. 

"Tadi saya dilapori bahwa snack berupa kacang tanah rebus merupakan hasil Tanaman KWT di sini. Melihat buahnya yang besar Dan rata-rata punya empat isi, ini potensi yang luar biasa. Tugas Pak Camat dan Pak Lurah sekarang adalah bagaimana mencari lahan lebih Luas untuk menanamnya dalam jumlah banyak, agar hasilnya membawa sampai ekonomi lebih bagi masyarakat," terang Wawako,  Erwin. 

Spot ikan 3 Dimensi Kampung Tridi
Ditambahkan, produk kacang tanah hasil produksi KWT tersebut menjadi icon baru kelurahan Payolansek,  disamping PUTRI RAYOLA.  

"Kacang dengan isi empat bulir ini luar biasa. Ini bisa jadikan sebagai icon atau branding Kelurahan Payolansek disamping Kampung Tridi ini, dan yang jelas menambah pendapatan masyarakat, khususnya kaum Ibu," seru Wawako Erwin. 

Pasca memberi sambutan, Wawako melakukan prosesi gunting pita, tanda diresmikannya keberadaan PUTRI RAYOLA. Wawako juga berkesempatan berfoto di spot-spot 3D yang menjadi ciri utama keberadaan PUTRI RAYOLA.

PUTRI RAYOLA sendiri dilengkapi dengan 9 (sembilan) spot gambar 3D. Pembuatan gambar dilakukan secara swadaya dan sistem going royong oleh masyarakat setempat dibantu arahan seorang ahli gambar 3D asal Nagari Gadut, Kabupaten Lima Puluh Kota. 

"Silahkan kunjungi PUTRI RAYOLA, kami siap melayani Anda, " pungkas Lurah Budi didampingi Ketua LPM Syukri Yusuf Dan KETUA RT setempat, J. Dt. Bandaro Bunsu.(ul)

Minggu (24/06/2018) pagi, Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz meresmikan keberadaan Kampung Tiga Dimensi (3D) di RT.1 / RW 1, Kelurahan Payolansek, Kecamatan Payakumbuh Barat. Kampung 3D pertama di Kota Payakumbuh ini dipopulerkan dengan nama PUTRI RAYOLA atau sikatan dari kamPUng TRIdi keluRAhan paYOLAnsek.

[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.