Bupati Irfendi Salurkan Tenaga Kerja Bekerjasama LPTKS

Selain mencarikan perusahaan yang akan menampungnya, kita juga harus terus berusaha mempersiapkan para pencari kerja, sebut Irfendi Arbi
IMPIANNEWS.COM (Limapuluh Kota). 

Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota terus berusaha mengatasi persoalan pengangguran di daerah. Selain mengajak membuka lapangan kerja sendiri, pemerintah daerah di bawah pimpinan Bupati H. Irfendi Arbi itu juga membuat terobosan mencarikan lapangan kerja, salahsatunya bekerjasama dengan Lembaga Penyaluran Tenaga Kerja Swasta (LPTKS) PT. Tunas Sarana Mulia Batam.

“Tidak dipungkiri, saat ini masih banyak angkatan kerja kita yang belum memiliki pekerjaan. Kita berharap kerjasama dengan LPTKS PT. Tunas Sarana Mulia Batam ini menjadi salahsatu solusi jitu mengatasi persoalan lapangan kerja kita,” ungkap Bupati Irfendi Arbi dalam sambutannya ketika membuka acara pengenalan dan rekrutmen tenaga kerja ke Batam bekerjasama dengan LPTKS PT. Tunas Sarana Mulia Batam bertempat di aula eks BP4K Tanjung Pati, Sabtu (23/6).

Menurut Irfendi, untuk mengurangi angka pengangguran di daerah ini, Pemkab Limapuluh Kota melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja kabupaten setempat akan terus membantu dan memfasilitasi para pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja tersebut. Agar siap saing, para pencari kerja ini diharapkan berusaha meningkatkan kompetensi dan keahliannya.

“Selain mencarikan perusahaan yang akan menampungnya, kita juga harus terus berusaha mempersiapkan para pencari kerja itu agar memiliki keahlian dan kompetensi yang siap saing. Salahsatu caranya dengan memberikan pelatihan-pelatihan ketenagakerjaan yang selama ini juga sudah kita laksanakan,” tekan Irfendi .

Lebih lanjut dikatakan, tidak saja dengan mencari lowongan pekerjaan, para angkatan kerja seperti para tamatan perguruan tinggi juga diharapkan daoat membuka lapangan kerja sendiri melalui wirausaha agar nantinya bisa pula menyerap tenaga kerja.Ia optimis generasi muda di daerah ini banyak yang memiliki potensi menjadi para entrepreneur baru yang membuka lapangan  kerja bagi pencari kerja lainnya.

“Kita berharap para pencari kerja dan para lulusan perguruan tinggi di daerah ini tidak hanya memilih mencari kerja, namun juga mempunyai mindset membuka lapangan kerja sendiri. Saya yakin generasi muda kita banyak yang bisa menjadi para entrepreneur baru,” yakin Irfendi.

Sebelumnya Kabid Ketenagakerjaan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Limapuluh Kota Afrizal S.Sos. MSI  dalam laporannya menyebut, kerjasama dengan LPTKS PT. Tunas Sarana Mulia Batam itu merupakan salahsatu upaya mengatasi masalah penganguran di daerah ini. Dalam kerjasama itu PT. Tunas Sarana Mulia Batam mencarikan peluang kerja bagi calon tenaga kerja dari Limapuluh Kota..

“Alhandulillah, saat ini sudah tercatat 18 perusahaan besar di Batam yang menyatakan siap menampung calon tenaga kerja dari Limopuluah Kota, secara bertahap,” ungkap Afrizal.

Dikatakan, seleksi calon tenaga kerja itu dilakukan langsung oleh PT. Tunas Sarana Mulia Batam yang dipimpin Satria Indra yang notabene warga Andaleh Kecamatan Luak Kabupaten Limopuluah Kota. Dalam merekrut tenaga kerja tersebut, PT.Tunas Sarana Mulia Batam akan melakukan pengenalan perusahaan, tes tertulis dan wawancara, cek medical serta wawancara akhir dengan user / perusahaan pemakai.

Menurutnya, hingga kini jumlah calon tenaga kerja yang mendaftar untuk ikut seleksi sebanyak 164 orang, sedangkan yang akan ditampung baru buat 100 orang untuk mengisi formasi di PT. Rubenco dan Exelent.

“Setelah dinyatakan lulus, maka langsung menadatangani kontrak kerja 2 tahun. Seluruh biaya pemberangkatan nantinya akan ditanggung oleh perusahaan pemakai,” ujar Afrizal. (ul)
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.