Wakil Walikota Bukittinggi H. Irwandi Dengan resmi Tutup BB Manunggal Sakato XVI dan HKG-PKK ke 46 tahun 2018

selama 1 bulan pelaksanaan Manunggal Sakato telah dilaksanakan 34 proyek pokok dan 69 proyek tambahan dan semua terlaksana 100 persen
IMPIANNEWS.COM (Bukitinggi).

Wakil walikota Bukittinggi H. Irwandi secara resmi menutup BB Manunggal Sakato XVI dan HKG-PKK ke 46 tahun 2018 yang telah dicanangkan semenjak tanggal 4 April 2018 yang lalu,    Bertempat di lapangan Volli Kelurahan Ladang Cakiah Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh, Senin (7/5).

Turut hadir Wakil Walikota Bukittinggi, unsur Forkompimda, Kepala SKPD, Ketua TP PKK beserta  pengurus,  Ketua Dharma Wanita, Niniak Mamak, Tokoh Masyarakat, Bundo Kanduang, serta Pengurus LPM dari tingkat Kota sampai Kelurahan serta ASN dilingkungan Pemko Bukittinggi.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Nofrianto.CH dalam laporannya menyampaikan bahwa selama 1 bulan pelaksanaan Manunggal Sakato telah dilaksanakan 34 proyek pokok dan 69 proyek tambahan dan semua terlaksana 100 persen sesuai dengan target yang ditetapkan.

“Jenis kegiatan yang dilaksanakan antara lain pembukaan/pelebaran jalan sebanyak 2 ruas, pengecoran jalan lingkung sebanyak 15 ruas, perbaikan riol dan drainase sebanyak 11 ruas, rehab sarana ibadah sebanyak 7 unit, rehab dan pembangunan Posyandu sebanyak 15 unit, rehab gedung serba guna atau balai pemuda sebanyak 13 unit, pembuatan taman sebanyak 11 taman, pembuatan sarana olahraga sebanyak 4 lokasi, pembuatan sumur resapan sebanyak 1 unit, sarana air bersih 2 unit dan peningkatan K3 di masing – masing Kelurahan”, ujarnya.

Disamping kegiatan fisik juga dilakukan kegiatan non fisik seperti pembinaan ketertiban dan ketentraman, penyuluhan kesehatan, keagamaan, pembinaan generasi muda. Berkenaan dengan HKG PKK pengurus TP PKK Kota dan Kecamatan serta Kelurahan juga telah melakukan berbagai kegiatan yang diantaranya pembinaan dasa wisma, pembuatan taman PKK, penyuluhan pemanfaatan toga, pembenahan administrasi PKK, lomba penyuluhan PKK dan sebagainya.

Nofrianto juga menyampaikan bahwa, “partisipasi masyarakat  bila dihitung nilai semua kegiatan / proyek yang dilaksanakan mencapai Rp.3.769.917.000,- yang berarti lebih dari 3 kali lipat dari total dana stimulan yang diberikan yakni sebesar Rp.1.200.000.000,- bentuk partisispasi tersebut adalah berupa Partisispasi tanah seluas 997,5 M2, partisipasi tenaga goro 13.439 orang, partisipasi konsumsi Rp.438.671.000,- seta partisipasi material dan uang sebesar Rp.165.517.000,-  “, pungkasnya.

Sementara itu Wakil Walikota Irwandi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat atas partisipasinya dalam pelaksanaan selama manunggal sakato dimana sesuai laporan panitia semua kegiatan mencapai 100 persen sesuai yang ditargetkan.

“kita sangat bangga dan berterima kasih kepada masyarakat  atas partisipasinya dimana dana stimulan yang diberikan sebesar Rp.1,2 M untuk 24 Kelurahan menjadi capaian 413 persen, hal ini tentu menggembirakan dan membahagiakan kita semua, dimana semangat gotong royong, semangat kebersamaan dan semanagt untuk berpartisipasi dalam membangun masih sangat tinggi di tengah – tengah masyarakat kita di kota Bukittinggi ini”, ujar wakil walikota.

Selanjutnya Wakil Walikota Irwandi menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada seluruh masyarakat yang dengan penuh ikhlas memberikan partisipasi dalam bentuk sumbangan tanah, uang, bahan material, konsumsi, tenaga dan pikiran untuk kemajuan kelurahan masing – masing khususnya dan Kota Bukittinggi pada umumnya.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan piagam penghargaan kepada yang masyarakat  yang telah menyumbangkan tanahnya yaitu Sofrion dari Kelurahan Campago Ipuh, Hj.Rosma dari Kelurahan Pulai Anak air, Teddy Naswari,ST dari Kelurahan Manggis Ganting, Djusna dari Kelurahan Ladang Cakiah, Nursal dari Kelurahan Ladang Cakiah, Syofni Warti Kelurahan Ladang Cakiah, Laila Mufti dari Kelurahan Pakan Kurai dan Haninul Kamil juga dari Kelurahan Ladang Cakiah.

Kepada Kelurahan pelaksana terbaik selama manunggal diberikan  trophy dan hadiah berupa uang tunai serta Piagam Penghargaan, Juara I diraih oleh Kelurahan  Ladang Cakiah dengan hadiah sebesar Rp.5.000.000,- (Kec.ABTB), Juara II Kelurahan Pakan Kurai hadiah sebesar Rp.3.500.000,- (Kec.Guguk Panjang) dan Juara III Kelurahan Manggis Ganting hadiah sebesar Rp.2.000.000,- (Kec.MKS) yang diterima oleh Ketua LPM masing – masing Keluarahan. (Sy)
[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.