Pjs Wako Alwis Sambut Positif Pembukaan Jalan Baru di Binuang Kampung Dalam dan Piai Tangah

tim memonitoring langsung rencana pembukaan akses jalan baru yang dibangun di Kelurahan Binuang Kampuang Dalam dan Piai Tangah itu, Minggu (6/5/2018).  
IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Padang, Drs. Alwis mengapresiasi dan menyambut positif adanya upaya pembukaan jalan baru pada dua kelurahan di Kecamatan Pauh lewat pelaksanaan Manunggal Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) di tahun 2018 ini. Hal itu diungkapkannya sewaktu bersama tim memonitoring langsung rencana pembukaan akses jalan baru yang dibangun di Kelurahan Binuang Kampuang Dalam dan Piai Tangah itu, Minggu (6/5/2018).  

“Kita tentu sangat mengapresiasi dengan tingginya antusias dan partisipasi seluruh elemen masyarakat dalam pembangunan jalan baru ini. Karena seperti dilihat untuk pembukaan jalan baru baik di Kelurahan Binuang Kampung Dalam dan Piai Tangah ini, memang sangat penting dan prioritas bagi masyarakat setempat,” ungkap Alwis sewaktu diwawancarai wartawan usai memonitoring di dua tempat tersebut. 

Dikatakannya, kegiatan manunggal BBGRM memang diketahui memiliki daya ungkit yang luar biasa dalam pemberdayaan dan keswadayaan untuk pembangunan. Dengan anggaran sebesar Rp35 juta per kelurahan, seperti tahun-tahun sebelumnya terbukti mampu mewujudkan nilai pembangunan yang berlipat-lipat. Sebagai gambaran, pada 2017 lalu, masing-masing kelurahan diberikan dana stimulan sebesar Rp35 juta atau total Rp3,6 miliar untuk 104 kelurahan. Dengan dana sebesar itu, menghasilkan swadaya sebesar Rp3,4 miliar lebih atau naik 610,13 persen. 

"Kita berharap di tahun 2018 ini, nilai swadaya masyarakat meningkat dari tahun sebelumnya tentunya. Sebagaimana dalam Manunggal BBGRM ini, berfokus membangun lingkungan berupa perbaikan riol, betonisasi, pembukaan jalan baru, pembangunan dan renovasi sarana umum lainnya," kata Alwis.

Monitoring Manunggal BBGRM di Kelurahan Binuang Kampuang Dalam

Dalam monitoring yang dilakukan di Kelurahan Binuang Kampuang Dalam Pjs Walikota Padang, Drs. Alwis bersama tim langsung disambut meriah lurah, Ketua LPM, RW dan RT serta tokoh masyarakat. Terlihat secara gotong-royong semua elemen masyarakat berjibaku membangun pembukaan jalan baru yang diketahui menjadi kebutuhan penting selama ini. Pasalnya, selama ini hanya ada jalan setapak dan itu pun bisa dilalui untuk jalung pengguna kendaraan roda dua.

“Kami seluruh komponen masyarakat di sini menginginkan jalan M. Hatta RT 05 RW 4 ini dapat dibangun dan selesai secara baik. Kita berharap dana Manunggal BBGRM dari Pemerintah Kota Padang sebesar Rp35 Juta ini, akan menghasilkan swadaya masyarakat demi mendukung pembangunannya,” ucap Lurah Binuang Kampuang Dalam, Mega Merdekawati di kesempatan itu.

Ia menyebutkan, pembukaan jalan baru ini diperkirakan lebih kurang sepanjang 2 Km. Diharapkan nantinya juga menjadi jalan alternatif menuju kawasan Komplek Unand Pulau RT 02 RW 3 atau yang juga tembus ke kawasan Kelurahan Pisang, Cupak dan Piai Tangah. Seperti diketahui untuk mendukung pembangunan jalan ini beberapa warga turut hibahkan tanahnya yang merupakan persawahan dan saat ini ternyata tengah musim panen. 

Walikota pun mengapresiasi sekaligus mengharapkan semua elemen masyarakat dapat saling kompak dan bahu-membahu mendukung pembukaan jalan baru tersebut. Ia pun mengingatkan agar warga dapat menyiapkan persyaratan berupa dokumen pendukung menyangkut aset tanah agar pembangunan jalan tidak memiliki kendala. 

“Mari kita dukung dan tingkatkan swadaya demi kelancaran pembangunan jalan ini. Karena memang dana pemerintah hanya bersifat stimulan, namun yang utama adalah kebersamaan dan partisipasi warga semua,” imbuh Alwis. 

Monitoring Manunggal BBGRM di Kelurahan Piai Tangah 

Pjs Walikota Padang, Drs. Alwis pun melanjutkan monitoring ke Kelurahan Piai Tangah. Ternyata masih sama, yakni rencana pembukaan jalan baru di kawasan Kampuang Tanjuang RT 1 RW 3. Diketahui, pembangunan jalan ini sangat penting mengingat sebanyak 85 KK yang berdomisili di kawasan tersebut seolah-olah terisolir di tengah hamparan sawah. 

Apalagi hanya ada jalan setapak yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua, kemudian warga pun selama ini juga mengeluh karena kesulitan membawa jenazah menuju keluar dari kawasan tersebut.  Untuk upaya ini, ada warga yang menghibahkan tanahnya sepanjang 300 meter, sementara untuk pembangunan jalan ini diperkirakan sepanjang 400 meter.

Dalam monitoring pada dua kelurahan di Kecamatan Pauh itu Pjs Wako juga menyerahkan dana dari Pemko Padang sebesar Rp475 ribu untuk membantu keperluan pembangunan jalan tersebut. Secara pribadi ia pun ikut membantu masing-masingnya sebanyak 10 sak semen. Adapun dalam tim monitoring itu juga diikuti Asisten Pemerintahan Vidal Triza, Kepala Dinas Kominfo Suardi, Kabag Pemerintahan Arfian serta lainnya. (David)

Teks Foto I : Pjs Walikota Padang, Drs. Alwis menyerahkan bantuan dana pendukung dari Pemko Padang untuk pembangunan jalan baru di RT 05 RW 4 Kelurahan Binuang Kampuang Dalam kepada Lurah Binuang Kampuang Dalam Mega Merdekawati.

Teks Foto II : Pjs Walikota Padang, Drs. Alwis menyalami Herman salah seorang warga yang menghibahkan tanahnya untuk pembukaan jalan baru di RT 01 RW 3 Kampuang Tanjuang, Kelurahan Piai Tangah. (th).
[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.