Kereta Cepat Mekah-Madinah Akan Segera Beroperasi

ImpianNews ( Jakarta ) 

Arab Saudi akan segera memiliki kereta api cepat. Kereta cepat tersebut akan menghubungkan kota Mekah dan Madinah.

Menteri Transportasi Arab Saudi Nabil bin Mohammed Al-Amoudi mengumumkan kereta cepat Mekah-Madinah, yang pertama di negeri minyak itu, akan beroperasi September mendatang.

Kereta bertenaga listrik itu dirancang menembus kecepatan hingga lebih dari 300 kilometer per jam dan dianggap menjadi yang tercepat di Timur Tengah.

Al-Amoudi mengatakan kereta itu sanggup mengangkut 6 juta penumpang setiap tahunnya ketika sudah sepenuhnya beroperasi mulai awal 2019.

Kereta tersebut akan menempuh setidaknya 450 kilometer melalui Kota Metropolitan King Abdullah dan Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah.

Berdasarkan Visi Saudi 2030, Al-Amaoudi mengatakan pembangunan transportasi menjadi salah satu pilar dan pendorong utama kebangkitan ekonomi nasional.

Selain kereta cepat Mekah-Madinah, Al-Amamoudi mengatakan pembangunan bandara baru di Jeddah juga sudah rampung.

Rencananya bandara itu akan mulai dioperasikan bulan ini, meski dengan jumlah maskapai serta jadwal penerbangan yang masih terbatas.

"Penerbangan domestik lainnya akan ditambah pada Juli dan September bersama dengan enam gerbang bandara baru bagi penermbangan internasional," kata Al-Amoudi seperti dikutip Arab News.

Bandara Internasional King Abdulaziz baru juga akan beroperasi sepenuhnya pada tiga bulan pertama 2019 mendatang dengan total 46 gerbang. Al-Amoudi mengatakan jumlah gerbang itu lima kali lipat dari yang telah ada sebelumnya.

Bandara itu kini mampu mengangkut sedikitnya 30 juta penumpang setiap tahun, katanya. Selain kereta cepat, Al-Amoudi mengatakan Arab Saudi juga tengah menggarap 12 bandara domestik. ( CNN Indonesia )
[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.