Irfendi Harap Lomba Masak Ikan Dorong Ekonomi Masyarakat

Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi dalam sambutannya saat membuka lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten Limapuluh Kota
IMPIANNEWS.COM (Limapuluh Kota). 

Lomba memasak serba ikan diharapkan dapat mendorong inovasi menu masakan ikan dan mendukung tumbuh kembangnya ekonomi kreatif berbasis masakan ikan. Tak kalah pentingnya, mampu menggenjot tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Limapuluh Kota.

Hal itu disampaikan Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi dalam sambutannya saat membuka lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten Limapuluh Kota di aula Dinmas Perikanan setempat, Senin (7/5).

“Ikan merupakan salahsatu sumber protein yang baik bagi tubuh. Untuk itu, kita perlu meningkatkan konsumsi ikan masyarakat. Selain buat peningkatan gizi, kita juga berharap ikan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Apalagi daerah ini memiliki potensi yang cukup besar di bidang perikanan,” tutur Irfendi.

Disamping menggelar lomba yang dapat meningkatkan kreativitas masyarakat dalam membuat menu makanan berbahan baku ikan, Irfendi juga berharap agar masyarakat meningkatkan konsumsi ikan perkapita setiap tahunnya. Sebab, ikan memiliki kandungan gizi yang lengkap dan baik untuk kesehatan.

Dikatakan, Pemkab Limapuluh Kota terus berupaya meningkatkan konsumsi ikan ini. Berbagai upaya telah dilakukan, salahsatunya melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi ikan. Gerakan ini dapat melakukan berbagai kegiatan seperti mengkampanyekan makan ikan, menciptakan menu dan aneka ragam masakan berbahan baku ikan.

“Dalam hal ini tentu kita mengajak peran aktif TP PKK selaku mitra pemerintah dalam memberikan pemahanan dan keterampilan kepada masyarakat,” ujar Irfendi.

Sebelumnya Kabid PSDP Dinas Perikanan Kabupaten Limapuluh Kota Nelti Hafni  melaporkan, tujuan lomba antara lain untuk meningkatkan keterampilan memasak ikan, sekaligus memperkenalkan keakaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat. Disamping itu, juga buat menyebarluaskan informasi tentang ikan, olahan dan kandungan gizi ikan bagi kesehatan serta kecerdasan masyarakat.

Sementara sasarannya buat menciptakan keanekaragaman dan tersosialisasinya menu masakan berbahan baku ikan, tersosialisasinya manfaat makan ikan bagi kesehatan dan kecerdasan, serta mendorong tumbuhnya usaha kuliner berbasis ikan.

“Seperti disampaikan bapak Bupati, kita berharap dapat meningkatkan tingkatkan konsumsi makan ikan perkapita pertahun bagi masyarakat,” tuntasnya.

Dalam lomba yang diikuti oleh TP PKK seluruh kecamatan itu ikut hadir Asisten Perekonomian dan Pembangunan Fitma Indrayani, SH, Kepala Dinas Pariwisat pemuda dan Olah Raga Nengsih, S.Pd, Kepala Dinas Perikanan Ir. Refilza dan TP PKK dan kelompok tani perikanan.(ul)