Setiap Pojok Sekolah ada Ruangan Baca

Gerakan nasional orang tua membaca buku (Gernas) adalah salah satu upaya untuk mengajak anak gemar membaca sejak usia dini 
IMPIANNEWS.COM (Padang).

Pemerintah kota Bukittinggi mencanangkan gerakan nasional orang tua membaca buku (Gernas).    Pencanangan secara nasional dilakukan pada 5 Mei yang lalu, sedangkan untuk kota Bukittinggi pencanangan dilakukan Senin, 07/05/2018 bertempat di pelataran Taman Jam gadang.

"Gerakan nasional orang tua membaca buku (Gernas) adalah salah satu upaya untuk mengajak anak gemar membaca sejak usia dini serta mendekatkanya pada buku, "kata Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias saat pencanangan Gernas yang diikuti oleh ratusan Paud di Pelataran Taman Jam Gadang

Walikota juga menyampaikan bahwa setiap pojok di sekolah harus ada ruang baca dan guru paud harus menanyakan kepada anak-anak apakah ada orang tuanya membacakan buku dirumah baik itu buku dongeng, cerita nabi dan binatang.

"Karena interaksi orang tua dan anak ada disana jadi bukan sekedar membaca saja namun memahami bacaan tersebut," katanya.

Jelasnya lagi "ini merupakan langkah untuk mempersiapkan generasi yang siap dengan ilmu pengetahuan dan sumber daya manusia karena dari paud sudah dilatih membaca dan dikenalkan membaca sehingga lebih gampang saat duduk dibangku sekolah dasar sambil bermain dan makan," imbuhnya.

Karena hasil penelitian 2015, tambahnya anak-anak 97 persen hobi nonton TV sedangkan sisanya 13 persen membaca maka kondisi ini akan dibalikan, maka dari itu guru paud akan didesak agar orang tua anak-anak membacakan buku bagi anak dirumah.

Ia juga menyebutkan akan menyedia ruang pojok membaca dan ditaman-taman agar minat baca bisa ditumbuhkan. (Sy)
[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.