79 Nagari di Limapuluh Kota, 45 Nagari Telah Terima Bantuan Pemanfaatan Pekarangan


79 Nagari di Kabupaten Limapuluh Kota, 2017 sudah ada 45 nagari yang menerima bantuan pemanfaatan pekarangan 

IMPIANNEWS.COM (Limapuluh Kota). 

Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota melalui Dinas Pangan setempat menggelar Kegiatan Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan melalui Kawasan Rumah Pangan  Lestari (KRPL) di Nagari Bukik Limbuku, baru-baru ini. 

Dalam acara tersebut turut hadir Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, kepala Dinas Pangan Limapuluh Kota, Gusdian Laora, Kepala Dinas  Perhubungan, Anharmen, Camat Harau, Deki Yusman, Unsur Forkopimcam, Wali Nagari Bukik Limbuku, Dodi, Wali Nagari lainnya di Kecamatan Harau dan tamu undangan lainnya.

Dalam Laporannya selaku ketua panitia, Kepala Dinas Pangan Limapuluh Kota, Gusdian Laora mengatakan adapun tujuan diadakan kegiatan pemanfaatan pekarangan masyarakat ini adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan pola konsumsi pangan, mengurangi pengeluaran rumah tangga, dapat menambah penghasilan rumah tangga di Kabupaten Limapuluh Kota.


Selanjutnya, Ia mengatakan dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat memperoleh bahan pangan lebih yang aman, murah, mudah diperoleh dan produktif.

Dikatakannya dari 79 Nagari di Kabupaten Limapuluh Kota, pada tahun 2017 sudah ada 45 nagari yang menerima bantuan pemanfaatan pekarangan ini, dan para tahun 2018 ada 15 Nagari lagi yang mendapat bantuan tersebut.

"Insyaallah target kita sampai pada tahun 2021 nanti seluruh Nagari di Kabupaten Limapuluh Kota sudah menerima bantuan ini, yang langsung dikelola oleh Dasawisma ditiap nagarinya,"ungkapnya.

Selanjutnya dirinya berharap dengan pelaksanaan kegiatan ini masyarakat di Kabupaten Limapuluh Kota dapat memenuhi kebutuhan pangan dan gizinya dengan lebih baik lagi.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas pangan dan gizi masyarakat Limapuluh Kota untuk kedepannya",pungkasnya.

Sementara itu, Wali Nagari Bukik Limbuku, Dodi terimakasih dan mengucapkan selamat datang kepada Bupati dan rombongan ke Nagari Bukik Limbuku.

Dikesempatan itu dirinya mengajak masyarakat di Nagari Bukik Limbuku untuk merawat dan melestarikan bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah daerah melalui dinas pangan tersebut dengan sebaik-baiknya.

"Mari kita rawat dan kembangkan bantuan ini, sehingga kebutuhan pangan dan gizi di Nagari dapat tercukupi," ucapnya.

Sebelumnya, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dalam sambutanya mengucapkan selamat dan terimakasih kepada dinas terkait, pemerintah nagari dan masyarakat yang telah ikut andil dalam pembangunan nagari dalam mewujudkan masyarakat yang mandiri dari aspek ekonomi, pendidikan, kesehatan dan khususnya dalam bidang kemandirian pangan, sehingga masyarakat dapat hidup lebih sejahtera.

Dikesempatan itu dirinya mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan kegiatan Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan tersebut, sebab kegiatan ini adalah langkah awal dalam memulai pembangunan terintegrasi dalam pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga.

"Upaya masyarakat dalam membangun perlu kita tingkatkan, agar apa yang telah kita lakukan selama ini dapat kita nikmati bersama, sehingga visi daerah yaitu "Mewujudkan Kabupaten Limapuluh Kota Sejahtera dan Dinamis Yang Mantap, Berlandaskan Iman dan Taqwa" dapat kita capai,"ujarnya.

Selanjutnya dirinya juga mengatakan seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk yang terus meningkat, masyarakat juga dihimbau untuk meningkatkan produksi pangan, namun perubahan iklim dan ketergantungan pada satu jenis pangan menjadi tantangan tersendiri, sehingga potensi lahan pekarangan perlu dioptimalkan.

"Dengan kegiatan optimalisasi pemanfaatan pekarangan ini masyarakat dapat berperan dalam penyediaan, distribusi, dan konsumsi pangan, serta harus bisa memanfaatkan lahan di rumah sendiri",sambungnya.

Terakhir dirinya berharap melalui Pencanangan Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan ini dapat dijadikan momentum untuk pelaksanaan swasembada padi, jagung dan kedelai serta peningkatan produksi komoditas strategis lainnya di Kabupaten Limapuluh Kota.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat mewujudkan swasembada berbagai komoditas di daerah kita dan dapat memenuhi kebutuhan pangan dan gizi masyarakat serta meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di Kabupaten Limapuluh Kota", pungkasnya.

Pada kegiatan tersebut juga diadakan penyerahan bantuan manfaat dan pendamping kelompok kegiatan optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan yang diserahkan langsung oleh Bupati kepada 6 Kecamatan diantaranya Kecamatan Lareh Sago Halaban, Payakumbuh, Suliki, Harau, Bukik Barisan dan Kecamatan Kapur IX.

Selain itu juga penyerahan bantuan berupa paket pangan bantuan sosial kepada masyarakat di Kecamatan Harau kepada 10 orang penerima.ul
[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.