Ribuan Wartawan Peliput KTT Inter-Korea Terkesimak Lihat Kim Jong-un

Hiruk pikuk semakin ramai ketika Kim untuk pertama kalinya berdiri di sisi Korsel dan berjabat tangan dengan Moon. Keduanya terlihat sangat bersahabat, saling melontarkan senyuman dalam pertemuan pertama mereka tersebut.
IMPIANNEWS.COM (Korea Selatan). 

Ribuan wartawan peliput pertemuan bersejarah antar-Korea tampak terkesima saat Pemimpin Kim Jong-un muncul di Panmunjom, desa gencatan senjata di perbatasan Korea, tempat pertemuan bersejarah dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada Jumat (27/4) pagi pukul 09.30 waktu setempat.

Sedikitnya 2.000 wartawan dari seluruh dunia berkumpul di pusat media di Gedung Konferensi Kintex, Ilsan, Korsel untuk meliput pertemuan tingkat tinggi itu.

Suasana tegang sempat mewarnai ruangan tersebut. Para jurnalis tak sabar melihat Kim Jong-un untuk pertama kalinya secara langsung.


Dikutip CNN, nafas lega disertai sorak-sorai tepuk tangan bergemuruh di ruangan itu ketika layar besar menunjukkan Kim telah datang dan menuruni tangga perbatasannya untuk menuju wilayah Korsel.

Hiruk pikuk semakin ramai ketika Kim untuk pertama kalinya berdiri di sisi Korsel dan berjabat tangan dengan Moon. Keduanya terlihat sangat bersahabat, saling melontarkan senyuman dalam pertemuan pertama mereka tersebut.

Warga Korsel terutama di Ibu Kota Seoul, yang hanya berjarak 53 kilometer dari perbatasan, juga tak kalah penasaran.

Sebagian besar penumpang kereta di Stasiun Seoul seperti melupakan perjalanannya dan malah berkumpul di dekat televisi stasiun yang menyiarkan pertemuan bersejarah itu.

Tak sedikit dari warga yang turut memotret layar televisi saat Kim dan Moon bertemu di perbatasan, turut mengabadikan peristiwa bersejarah itu.

Mereka turut bertepuk tangan dengan meriah ketika kedua pemimpin Korea berjabat tangan.

Ji Kwang-jin, seorang warga Korsel, sengaja datang ke Stasiun Seoul hanya untuk menyaksikan pertemuan antar-Korea bersama warga lainnya.

Dia mengatakan sangat bahagia melihat hubungan kedua negara yang berangsur membaik setelah sempat bersitegang pada tahun lalu.

"Saya datang ke stasiun ini hanya untuk menyaksikan momen-momen pertemuan bersama warga lainnya karena ini sangat bersejarah. Saya ingin melihat momen sejarah ini bersama warga lainnya," kata Ji kepada CNN.

Setelah menyambut di perbatasan, Moon Jae-in berjalan bersama Kim Jong-un menuju Rumah Perdamaian, tempat kedua pemimpin melakukan pertemuan diiringi musik khas Korea, dengan petugas yang mengenakan pakaian seragam tradisional

Setibanya di Rumah Perdamaian, Kim Jong-un mengisi buku tamu didampingi Moon Jae-in, yang kemudian mengantarnya masuk ke ruang pertemuan yang membuka babak baru dalam sejarah Korea. (nat) 
[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.