Ratusan CJH Pasaman Ikuti Sosialisasi Istithaah Dihadiri Kemenkes Pusat

Sebanyak 206 calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Pasaman mengikuti sosialisasi istithaah kesehatan
IMPIANNEWS.COM (Pasaman). 

Sebanyak 206 calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Pasaman mengikuti sosialisasi istithaah kesehatan di gedung Syamsiar Thaib kompleks Kantor Bupati Pasaman Sabtu (21/4).

Hadir di acara tersebut Kepala Sub Bagian Tata Usaha dr. Rosidi Roslan, SKM, SH, MPH yang mewakili Kepala pusat kesehatan haji Kementerian Kesehatan RI dan juga turut bersama anggota DPR RI Komisi IX Muhammad Iqbal, SE, M.Com.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman H.Abdel Haq, S.Ag, MA mengatakan sosialisasi ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman untuk memberikan bimbingan kesehatan kepada CJH yang akan berangkat tahun ini sekaligus melakukan control kesehatan fisiknya.

Menurut Abdel Haq kegiatan ini merupakan amanah undang-undang nomor 13 tahun 2008 tentang penyelenggaraan ibadah haji dan Peraturan Menteri Kesehatan RI nomor 15 tahun 2016 tentang istithaah kesehatan jemaah haji.

Dinilai Abdel Haq kegiatan ini sarat manfaat khususnya bagi calon tamu-tamu Allah agar mereka memahami betapa pentingnya kesehatan guna sanggup melaksanakan ibadah haji ke tanah suci nantinya sesuai syariat atau tuntunan Islam.

Kakan juga menyampaikan, pemerintah memiliki tanggung jawab untuk memberikan pelayanan, perlindungan dan pembinaan kepada jemaah haji dalam rangka upaya untuk mewujudkan kesuksesan atau kemabruran pelaksanaan ibadah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Amdarisman menyampaikan dukungan pemerintah daerah atas terselenggaranya sosialisasi. Bupati H.Yusuf Lubis mengharapkan melalui kegiatan ini dapat memberikan manfaat besar bagi calon jemaah ranah Pasaman saiyo.

Ia juga meminta para CJH untuk menjaga kesehatan jasmaninya dan mengurangi aktifitas, kebiasaan ataupun konsumsi yang dapat merugikan kesehatan mereka semisal merokok.

“CJH yang masih merokok, untuk dapat meninggalkannya”, tukasnya.

Dikesempatan itu, hal serupa juga disampaikan Roslan dan Iqbal agar CJH dapat menjaga serta memperhatikan kesehatannya sehingga mampu berangkat menunaikan ibadah rukun Islam kelima tersebut di tanah suci Mekkah.

Di akhir acara sosialisasi, Kepala Kankemenag bersama Kadis Kesehatan, Kemenkes dan anggota DDPR RI menyerahkan bingkisan kepada CJH sebagai wujud silaturrahmi.


  • Dan sebelum sosialisasi dimulai, CJH mengikuti rangkaian pemeriksaan diri seperti pengukuran tensi serta mengikuti olah raga ringan lari mengelilingi GOR Tuanku Rao dan senam peregangan yang dibimbing dari tim Dinkes Pasaman.(suf78)
[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.