Perempuan Tangguh dan Perempuan Inspiratif Diapresiasi Di Hari Kartini

Terpilih 3 perempuan inspiratif dan 3 perempuan tangguh yang dinilai memenuhi kriteria.
IMPIANNEWS.COM (Padang). 

PmPemko Padang memberikan apresiasi bagi perempuan inspiratif dan perempuan tangguh bertepatan dengan perayaan Hari Kartini yang digelar di Hotel Kriyad Bumi Minang, Selasa (24/4/2018). 

Terpilih 3 perempuan inspiratif dan 3 perempuan tangguh yang dinilai memenuhi kriteria. Perempuan inspiratif yaitu yang telah membawa pengaruh bagi sesama perempuan dan lingkungannya dalam kiprahnya, sedangkan perempuan tangguh ialah ibu yang seorang diri (janda) menjalani kehidupan, membesarkan dan menafkahi keluarganya paling tidak sudah lima tahun.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang Heryanto Rustam menyebut apresiasi ini sebagai penghormatan atas terwujudnya simbol persamaan gender dan emansipasi wanita. Hal ini ditandai dengan peringatan Hari Kartini setiap tahun yang diambil dari hari lahir pejuang wanita tersebut, 21 April.

"Pada momentum Hari Kartini ini Pemko Padang memberikan apresiasi kepada perempuan tangguh dan perempuan inspiratif yang dipilih berdasarkan kriteria yang ditentukan," sebut Heryanto dalam sambutannya mewakili Walikota Padang.

Heryanto Rustam menambahkan, menjadi seorang ibu adalah yang terberat dari profesi apapun, pasalnya seorang ibu melahirkan dan membesarkan generasi penerus bangsa. Untuk itu sejogyanya perempuan harus menjaga nilai luhur ketimuran dan mengimplementasikan dalam keluarga.

"Sehebat apapun karir seorangnperempuan namun tugas terberat adalah menjadi istri dan seorang ibu. Dimulaindari keluarga, seorang istri dan ibu melahirkan generasibpenerus bangsa," ulasnya.

Pada acara yang dihadiri hampir duaratusan perempuan yang tergabung dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Padang itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Padang Ny. Linda Alwis juga menyampaikan sambutannya. 

Istri Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Padang itu mengatakan, kebangkitan kaum perempuan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kebangkitan bangsa Indonesia. Hingga sekarang peran perempuan juga tidak terlepas dari pembangunan bangsa.

"Perayaan Hari Kartini yang sederhana ini diharapkan bermakna jauh lebih besar dalam menumbujkan kesadaran kita semua untuk memajukan kaum perempuan dan memberikan peluang yang seluas-luasnya dalam kiprahnya di berbagai bidang," tandasnya.

Rangkaian resepsi ini diisi dengan seminar tentang perempuan dengan tema menjunjung tinggi nilai-nilai perempuan Minangkabau. Narasumber yang akan menyampaikan materi yaitu Prof. Duski Samad (Ketua MUI Kota Padang), Datuk Suardi (Ketua LKAAM Kota Padang) dan Yunisusilawati (Psikolog).

Perempuan Inspiratif

I. Erlina (Parak Gadang Timur, Padang Timur)
II. Fifola Elfina (Mato Aia, Padang Selatan)
III. Rahmawati (Belakang Tangsi, Padang Barat)

Perempuan Tangguh

I. Julina (Kampung Baru Nan XX, Lubuak Bagaluang)
II. Andalusiawati (Kampuang Olo, Nanggalo)
III. Gusrianova (Korong Gadang, Kuranji). (th)
[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.