Pemko Padang Peringati Hari Otonomi Daerah Dibarengi Pencanangan Manunggal BBGRM

Pemerintah Kota Padang mencanangkan kegiatan Manunggal Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) 2018 secara serentak pada 104 kelurahan di 11 kecamatan
IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Pemerintah Kota Padang mencanangkan kegiatan Manunggal Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) 2018 secara serentak pada 104 kelurahan di 11 kecamatan. Kegiatan ini dilaksanakan mulai 11April sampai dengan 11 Mei mendatang sedangkan simbolis pencanangan dilakukan dalam rangkaian upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke-22 yang berlangsung di Lapangan Imam Bonjol, Kamis (26/4/2018).

Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Padang Drs. Alwis mengatakan, kegiatan manunggal BBGRM memiliki daya ungkit yang luar biasa dalam pemberdayaan dan keswadayaan untuk pembangunan. Dengan anggaran sebesar Rp 35 juta per kelurahan terbukti mampu mewujudkan nilai pembangunan yang berlipat-lipat.

"Tahun 2018 ini diharapkan nilai swadaya masyarakat meningkat dari tahun sebelumnya," kata Alwis.

Sebagai gambaran, pada tahun 2017 lalu, masing-masing kelurahan diberikan dana stimulan sebesar Rp. 35 juta atau total Rp. 3,6 milyar untuk 104 kelurahan. Dengan dana sebesar itu menghasilkan swadaya sebesar Rp. 3,4 milyar lebih atau naik 610,13 persen.

Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-22

Pemko Padang mengambil momentum peringatan Hari Otonomi Daerah ke-22 meningkatkan komitmen akuntabilitas, integritas dan profesionalisme serta mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Sembari terus mengupayakan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat dan peningkatan daya saing perekonomian daerah.

"Melalui peringatan Hari Otonomi Daerah tahun ini kita menguatkan komitmen mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang bersih dengan meningkatkan akuntabikitas dan profesionalisme serta mewujudkan kesejahjteraan masyarakat," kata Pjs Walikota Padang Alwis.

Secara nasional, Hari Otonomi Daerah tahun ini mengusung tema: "Mewujudkan Nawa Cita Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Bersih dan Demokratis."

"Tema tersebut sesuai dengan semangat pembangunan di daerah baik yang sedang dilaksanakan maupun yang dalam perencanaan," imbuhnya.

Disamping itu, Pjs Walikota mengingatkan agenda besar yang dihadapi Kota Padang saat ini adalah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Kesuksesan penyelenggaraan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padang adalah bagian dari tugas yang diembannya. Tentunya dengan dukungan dan partisipasi seluruh lapisan masyarakat selaku pemilih dan yang terlibat dalam suksesi pilkada tersebut.

"Kepada seluruh ASN, saya ingatkan, untuk menjaga netralitas selama pilkada. Karena secara aturan sudah jelas ASN tidak dibenarkan menjadi juru kampanye atau memberi bantuan fasilitas untuk kampanye atau bentuk tindakan tidak netral lainnya," tegas Alwis.

Pada upacara tahun kali ini bertindak selaku inspektur upacara Kapolresta Padang AKBP Yulmar Try Himawan. Selaku pelaksana upacara Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Padang.

Penyerahan Hadiah Camat dan Lurah Berprestasi

Dalam rangkaian upacara itu, dilakukan penyerahan tropi dan hadiah kepada pemenang lomba Kompetensi Camat, Kelurahan Berprestasi dan Lurah Berprestasi tingkat Kota Padang tahun 2018.

Camat Nanggalo Teddy Antonius ditetapkan sebagai Camat Terbaik I Kota Padang, Terbaik II Camat Padang Utara Editiawarman dan Terbaik III Camat Padang Timur Ances Kurniawan.

Lurah Berprestasi Terbaik I diraih Lurah Gunung Pangilun Andi Amir, Terbaik II Lurah Lurah Padang Besi Sulastri dan Terbaik III Lurah Flamboyan Baru Ermawati.

Kelurahan Berprestasi Terbaik I diraih Kelurahan Ulak Karang Selatan, Terbaik II Kelurahan Aia Pacah dan Terbaik III Kelurahan Aia Pacah. (th)
[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.