Manasik Haji, Kasi PHU : Pelunasan Tahap I Mencapai 98 %

pembinaan manasik mandiri yang diikuti sekitar 250 orang
IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh). 

Dalam pembinaan manasik mandiri yang diikuti sekitar 250 orang jemaah calon haji (jch)  Kota Payakumbuh tahun haji 2018 diaula serbaguna Kankemenag pada Kamis (25/04/2014), Kepala Kankemenag melalui Kasi PHU, H Jufrimal menyampaikan bahwa dari 300 jch kota Payakumbuh telah melunasi 245 orang. 

"Dari jumlah itu, 23 orang jemaah menyatakan mundur ke tahun selanjutnya,  2 orang jemaah tidak bisa berangkat dikarenakan direkomendasikan tidak istithaah. Tinggal 33 jch yang akan melunasi, termasuk hari ini. Untuk kita ketahui bersama, batas akhir pelunasan BPIH tahap I berakhir tanggal 5 Mei 2018, ini. Selanjutnya kita akan laksanakan pelunasan tahap II, " Jufrimal infokan. 

"Sudah banyak rangkaian pembinaan manasik jch jalani setiap Kamis dan ditambah pula pembinaan di KBIH
 Kami menghimbau supaya ilmu yang didapat bisa dipahami dan diambil kafiatnya sebagai dasar pelaksanaan ibadah haji yang akan dijalani selama lebih kurang 41 hari. Perbaharuilah niat dari sekarang, siapkan diri yang tulus ikhlas karena Allah semata," pungkas Jufrimal. 

Pelaksanaan manasik mandiri yang dikoordinir H Zuldaswar ini menghadirkan H Zakaria, Kasi PDPP Kankemenag Kab 50 Kota sebagai pembina manasik pada Kamis itu. 

Binaan manasiknya, H Zakaria menyampaikan materi manajemen qalbu dalam menunaikan ibadah haji. 

"Tidaklah haji seorang jemaah tampa wukuf di Arafah. Wukuf di Arafah adalah inti haji. Wukuf di Arafah adalah rukun haji, disamping niat ihram, thawaf, sa'i,tahalul dan tertib. Mari kita jaga iman,  hati, perbuatan serta kesehatan," Zakaria tekankan. 

"Selain pelaksanaan rukun haji, wajib haji juga mesti kita laksanakan dan akan sempurna lagi nilai ibadahnya apabila sunat haji juga kita laksanakan secara optimal," imbuh Zakaria .

Semoga jch sehat semua dalam menunaikan rukun islam kelima ini. Dimulai dari sekarang tingkatkan kualitas ibadah, perbanyak ibadah sunat dan sedekah serta perbaiki hubungan silaturrahmi dan peduli sesama. Sehingga kebiasaan itu akan kita tingkatkan di tanah suci Mekkah. Mekkah sebagai salah satunya tempat berdoa yang makbul, perbanyak ibadah, perbanyak istighfar dan menyesali diri. Semoga total haji mabrur dapat kita raih  aamiin, " tukuk Zakaria siang itu.(ul)
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.