Guru Kimia Se-Sumatera Pertajam Kimia Analisis di SMK-SMAK Padang

SMK ini didapuk oleh Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Kementerian Perindustrian selaku penyelenggara pelatihan yang diikuti guru-guru kimia analisis se-Sumatera
IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Sebagai sekolah berbasis analisis kimia, Sekolah Menengah Kejuruan - Sekolah Menengah Analis Kimia (SMK-SMAK) Padang dijadikan rujukan dalam peningkatan kapasitas guru-guru mata pelajaran kimia. 

SMK ini didapuk oleh Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Kementerian Perindustrian selaku penyelenggara pelatihan yang diikuti guru-guru kimia analisis se-Sumatera, Senin (23/4/2018).

Wakil Kepala SMK-SMAK Padang Fitriyeni selaku pelaksana kegiatan mengatakan, pelatihan bagi guru mata pelajaran Kimia ini diikuti 20 peserta dari SMK di Sumatera yang memiliki jurusan kimia analisis. Diantaranya, SMK Batam, SMK Kota Dumai dan beberapa SMK dari kota lainnya.

"Pelatihan ini diikuti 20 guru mata pelajaran kimia dari beberapa SMK yang ada di Sumatera," kata Fitriyeni yang saat ini ditunjuk selaku pelaksana tugas sementara Kepala Sekolah Nasir sedang melakukan kunjungan kerja bersama seluruh Satker Pusdiklat Kemenperin ke Kanada.

Ia menyebut, kegiatan ini bertujuan memberikan penajaman bagi guru kimia analisis dalam rangka mewujudkan pendidikan fokasi yang "link and macth" dengan dunia industri. Hal itu berkaitan dengan kebutuhan industri yang umumnya memprioritaskan lulusan dari SMK yang memiliki jurusan kimia analisis.

"Sebagai penyedia tenaga kerja siap pakai pada bidang analisis kimia, tentunya kita menjawab kebutuhan industri tersebut dengan menguatkan kemampuan peserta didik sekaligus meningkatkan kemampuan pendidik,"  ujarnya.

Ia menjelaskan, kegiatan ini berlangsung selama sepuluh hari (23 April sampai dengan  9 Mei). Para guru ini diwajibkan mengikuti "free test" dengan menjawab soal-soal kimia analisis juga mengikuti kegiatan di laboratorium serta menerima materi dari tenaga pengajar kimia di SMAK Padang.

"Peserta mengikuti free test, kegiatan laboratorium serta menerima materi. Pemateri sendiri selain SMAK Padang juga diundang dari dunia industri yang merupakan alumnus SMAK Padang," jelasnya. (mr)
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.