Paslon Ketua LKAAM Sijunjung Menghangat dan di Hujani Instruksi

Tim Formatur di hujani instruksi

IMPIANNEWS.COM (Sijunjung). 


Pemilihan calon ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat, periode 2018-2023 yang berlangsung di Gedung Pancasila, Rabu (28/2/2018) menghangat.

Tim formarur yang dipimpin Ir. AA Dt Pdk Rajo dihujani intrupsi. Sejumlah peserta mendesak dalam tata tertib (Tatib) pemilihan untuk dilaksanakan foting. 

Bahkan ada yang minta pada tim formatur untuk mengusulkan tiap kecamatan mengusulkan 2 nama calon. Disisi lain ada yang minta satu kecamatan mengusulkan satu calon tiap LKAAM Kecamatan.

Selain itu diantara peserta juga menolak terjadi poting. Melihat kondisi yang mulai menghangat, Saldi dari OC minta supaya ada arahan dari Pucuk LKAAM Sumbar, Drs. Sayuti Dt Sumulie.

"Kito minta ada raso pariso, apa lagi nama yang sudah dicalonkan pasti menjadi pimpinan. Belajarlah ninik mamak kato dulu ditepati, kato kudian dak dicari. Tim firmatur adalah wakil kita," jelasnya Sayuti Dt Simulie yang harus memiliki KTA. 

Menariknya lagi, para calon ketua pun diperiksa Ketua LKAAM KTA nya satu persatu. Meski Epi Radisman Dt Pdk Alam, SH dalam pemilihan memperoleh 53.8 persen suara, Laswardi Dt Bandaro Bujang 38.5 persen, Dt Sampanhulu 7.8 persen tetap terjadi saling protes.

"Seharusnya ba iyo-iyo sajo siapa yang mau jadi ketua. Jangan ada interpensi soal ninik mamak," kata Datuk Simulie. Hingga sholat asar belum juga tuntas. 


Sumber : Target Sumbar