Siswa MTsS SIH Dirikan Tenda Di Halaman Mesjid Baiturrahman

Siswa MTsS SIH dirikan tenda
IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh).

Puluhan siswa MTsS Syech Ibrahim Harun (SIH) bantu warga dirikan tenda di halaman Mesjid Baiturrahman Sawah Kubang Kelurahan payobasung Kec. Payakumbuh Timur yang ambruk pada Sabtu (27/01/2018) lalu.

Perilaku spontanitas ini bertujuan untuk membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan keagamaan yang rutin digelar masyarakat setempat. Sebelumnya proses pembersihan reruntuhan bangunan mesjid telah dilaksanakan tim gabungan pada Senin (29/01/2018). Pendirian tenda dikoordinir langsung Ketua Pembina Pramuka Junaidi Riko Putra.

" Ini merupakan inisiatif keluarga besar MTsS SIh untuk meringankan derita warga. Berdasarkan kesepakatan pada hari Ahad, bahwa warga tetap akan melaksanakan shalat wajib dan shalat Jum'at di pekarangan mesjid. Meskipun harus di bawah tenda. Karena kita di MTsS SIH memiliki tenda pramuka dan tenda pendukung lainnya, tenda itulah yang sengaja kita pasang di halaman mesjid. Kita juga pasang tenda dari Dinas Sosial. Berhubung pada hari ini akan dilaksanakan juga Shalat Sunat Khusuf," terang Junaidi pada Rabu (31/01/2018).

"Selain itu, besok harinya juga akan dilaksanakan shalat Jum'at dihalaman mesjid. Dengan dipasangnya tenda ini, kita bisa minimalisir berbagai kemungkinan yang akan terjadi, termasuk hujan. Kita sengaja kerahkan siswa pramuka dibantu siswa lainnya sebagai perwakilan tiap tingkatnya," tukuk Junaidi

Salah seorang siswa kelas IX MTsS SIH, Shohibul menyebutkan, " kita hanya berusaha meringankan beban masyarakat Payobasung, khususnya jemaah, Pak. Dari awal ambruknya mesjid, kita sudah aktif jalankan celengan bantuan mesjid. Baik di jalan maupun terhadap para donatur. Hari ini kita akan dirikan sekitar 3 tenda besar dan 1 tenda khatib.

Sementara itu, Kepala kankemenag melalui Kasi Pendidikan Madrasah, Darius yang kita jumpai di ruang kerjanya sampaikan apresiasi terhadap rasa kepedulian siswa MTsS SIH.

"Kita sangat apresiasi dengan kepedulian siswa ini, hal ini perlu dipupuk dan ditingkatkan. Setahu kami, siswa kepanduan MTsS SIH juga aktif membantu mendirikan tenda untuk korban kebakaran yang ada di wilayah Payakumbuh. Rasa spontanitas ini kita harapkan menular kepada siswa madrasah lainnya," tukuk Darius.ul