RESMIKAN AULA,  WAKO RIZA ALOKASIKAN SATU MILYAR BUAT BANGUN WC SMPN 2 PAYAKUMBUH

Walikota Riza Falepi sampaikan sambutan
IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh).

Pendidikan merupakan hal yang amat penting dalam rangka mencetak sumber daya manusia suatu bangsa. Pendidikan yang berkualitas akan melahirkan generasi muda yang berkualitas, begitu juga sebaliknya, pendidikan yang hanya diurus secara asal asalan, sarana prasarananya tidak dilengkapi maka produk pendidikan juga seadanya, tidak akan lahir manusia unggul.

Oleh karena itu pendidikan harus diurus secara serius, dan itu dibuktikan oleh Pemerintah Indonesia dengan mengalokasikan 20 persen Anggarannya untuk sektor pendidikan sesuai dengan amanat undang undang. 

Demikian lontaran yang disampaikan oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi pada acara peresmian gedung Aula SMPN 2 Kota Payakumbuh pada Selasa (30/1). Turut hadir pada kesempatan itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, agustion, Kepala Sekolah dan Komite Sekolah SMPN 2 Payakumbuh, Para pendidikan,  wali murid dan tokoh masyarakat setempat. 

"Disamping ketersediaan tenaga pendidik yang berkualitas dan kurikulum, penyediaan sarana dan prasarana yang baik juga menentukan keberhasilan proses pendidikan, " ujar Walikota Riza. 

Dikatakan,  pihaknya manyambut baik dengan berdirinya aula SMPN 2 Payakumbuh tersebut. "Alhamdulillah,  SMPN 2 telah berhasil membangun sebuah Aula yang bagus dan representatif,  manfaatkanlah dengan sebaik baiknya untuk menunjang prestasi sekolah kedepan, " turut Riza. 

Kepada para siswa yang turut hadir,  Walikota Payakumbuh mengajak agar merawat fasilitas yang telah disediakan oleh pihak sekolah. "Tolong kepada siswa,  harap dijaga fasilitas yang sudah bagus ini, jaga kebersihannya, dengan melaksanakan pola hidup bersih dan sehat, " ajak Riza

Terkait dengan kebersihan sekolah,  Wako Riza juga menyinggung pentingnya keberadaan WC sekolah yang bersih sehat dan memadai. "Sekarang tidak zamannnya lagi WC sekolah itu bau dan jorok. Kasihan kita lihat anak anak sekolah kita yang terpaksa menahan bau Tak sedap selama berada di WC sekolah,  paradigma ini harus kita robah," jelas Riza. 

Dikatakan,  pihaknya serius membenahi kebersihan WC sekolah dan kapasitas WC yang memadai disengage sekolah. Menurut Wako Riza, idealnya satu WC untuk 30 siswa artinya, jumlah WC sekolah harus ditambah dan disesuaikan dengan jumlah siswa. 

"Khusus untuk WC sekolah,  saya anggarkan dana satu milyar untuk satu sekolah. Tahun ini kita berikan kepada SMP 2 dan SMP 4, silahkan dimanfaatkan,  bikin WC yang bagus dan layak buat anak anak kita, " jelas Riza diamini Kadisdik Agustion dan disambut tepuk tangan oleh para hadirin.(rel/ul)