Walau Macet, Pengendara Takjub Panorama Puncak Bukit Limau

IMPIANNEWS.COM (Sarilamak, Kab. 50 Kota). 

Dalam rangka mengurai kemacetan dan padatnya arus kenderaan di seputaran Pasar Tradisonal Sarilamak. Sarilamak merupakan ibukota kab. 50 Kota dimana semua perkantoran terpusat di daerah ini. Sejak libur sekolah yang bersamaan dengan libur Natal dan tahun baru 2018, kondisi pengunjung objek wisata Lembah Harau digandrungi pengunjung yang sedang liburan. 

Kondisi macet ini semakin meningkat dengan kejadian longsor di Hulu Ayie pada Jum'at malam (29/12). Situasi macet ini semakin bertambah dengan terjadinya luapan air Batang Maek yang ada di Jorong Sopang di Sabtu pagi (30/12). Selain itu kondisi intensitas hujan yang cukup tinggi di daerah Kab. 50 Kota belakangan ini, membuat daerah Kab. 50 Kota menjadi daerah siaga bencana. 

Bupati 50 Kota, Irfendi Arbi meninjau kondisi macet dan padatnya arus kenderaan di Pasar Sarilamak dan Simpang Harau, Irfendi Arbi perintahkan anggotanya untuk membuka portal gerbang menuju kantor bupati untuk selanjutnya turun kembali di Simpang Harau. Gagasan ini bertujuan untuk mengurai kemacetan, khususnya di Pasar Sarilamak

Kondisi ini mendapat perhatian mendaam Bupati 50 Kota, Irfendi Arbi yang diungkapnya dalam wawancara pendek usai meninjau lokasi bencana dan kemacetan, pada Sabtu siang (30/12) bertempat di Halaman kantor Bupati Puncak Bukik Limau, Sarilamak Kec. Harau Kab. 50 Kota.

" Ya, kita baru saja tinjau lokasi bencana sekaligus meninjau macet di Pasar Sarilamak dan Simpang Harau. Sebagai cara mengurai kemacetan, kita sengaja buka akses sementara bagi pengguna jalan untuk memanfaatkan jalur menuju kantor kita. Semoga pengendara bisa nyaman walau macet. Kalau capek, bisa istirahat dan sholat di mesjid komplek ini. Kita menghimbau kepada pengguna jalan, baik dari Sumbar maupun menuju Sumbar, untuk sementara bersabar dan kalau bisa menunda perjalanannya, sementara. Terima kasih," pesan Irfendi Arbi.

Sementara itu di lokasi mesjid komplek perkantoran bupati 50 kota, salah seorang Hasan (57) warga kota Pekanbaru yang terjebak macet sekitar 1 jam di seputaran perkantantoran ini, menyebutkan, "Alhamdulillah, walau macet tapi kita tetap bahagia dan nyaman disini. Pemandangan di kantor Bupati 50 Kota sangat Indah dan sejuk, dingin seperti puncak Bogor. Kalau di Pekanbaru, cuaca kami rasa cukup panas suhunya. Kami baru saja siap shalat jama' dan qasar, rencananya kami akan makan siang dulu, baru meneruskan perjalanan. Kabarnya macet di seputaran Pangkalan," ucapnya sambil makan bersama keluarga.

Sementara itu di Simpang Harau terlihat personil kepolisian Resort 50 Kota sibuk mengatur arus dari 4 penjuru. Kanit lantas Ipda Syafrizal Leo yang memimpin patroli di Simpang Harau ini menghimbau warga untuk mengutamakan keselamatan perjalanan.

" Kita harap pengendara selalu sabar terutama hadapi macet, dan cuaca sedang juga sedang rinai. Saat ini juga seang terjadi banjir di seputaran Sopang. Kita menghimbau pengendara jangan menempuh jalur ini sementara," tutur Syafrizal Leo.(ul)