Peringatan Hari SATPAM KE 37 di Kota Payakumbuh

IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh). 

37 tahun yang lalu, Satuan Pengamanan dibentuk oleh Kapolri pada masa itu Jendral Polisi Prof. Dr. Awaluddin Djamin, yang menyadari bahwa kebutuhan akan rasa aman tidak bisa diemban oleh Polri semata. Satuan Pengamanan yang terdiri dari petugas - petugas terlatih dan terampil, berperan sangat penting dalam menjaga sentra - sentra perekonomian, sekolah, rumah sakit, tempat - tempat pelayanan masyarakat sampai instansi - instansi pemerintah sebagai mitra kerja terdekat bagi Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

Peringatan HUT Satpam ini diharapkan jadi momentum untuk mengevaluasi kinerja sekaligus refleksi pemuliaan profesi satuan pengamanan, sebagai sebuah pekerjaan yang dibutuhkan kehadirannya, patut untuk dihargai, serta harus terus ditingkatkan kemampuannya, sesuai dengan tema, yakni "Melalui Peningkatan Kompetensi, Kita Wujudkan Profesionalisme Satpam dalam rangka Menciptakan Keamanan dan Ketertiban di Lingkungan Kerja".

Untuk itu Kapolri menekankan beberapa hal kepada Personel Satpam, yakni :
1. Niatkan pelaksanaan tugas sebagai bagian dari Ibadah.
2. Tanamkan bahwa profesi Satpam adalah profesi yang luhur.
3. Tugas Satpam adalah tugas yang penuh kemuliaan.
4. Tingkatkan terus ketrampilan.
5. Tingkatan komunikasi dengan personel dan satuan Polri.

Petikan sambutan Kapolri tersebut dibacakan Inspektur Ucapacara Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz pada upacara peringatan Hari Satpam ke 37 tahun 2017 yang jatuh pada tanggal 30 Desember 2017 di halaman Mapolres Kota Payakumbuh. Selain dihadiri Kapolres, Kuswoto, juga dihadir Ketua DPRD, YB. Dt. Parmato Alam, DanPOM, Ali Yohanes, Dandim 0306/50 Kota, Solikhin, Danyon Infanteri, Yusuf Saud Tanjung, Kepala BNNK, Firdaus. ZN, Perwira polres dan forkopimda. 

Dalam upacara HUT Satpam yang ke-37 mengangkat tema “Melalui peningkatan kompetisi kita wujudkan profesionalisme Satpam dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban dilingkungan kerja”, bertindak sebagai Komandan Upacara Iptu Abdul Mukarim dan Perwira Upacara AKP Herman SH. MM. Upacara ini melibatkan 2 SST Polres Kota Payakumbuh, 1 SST Satpol PP Kota Payakumbuh, 1 SST Dishub Kota Payakumbuh, 1 SST Satpam Kota Payakumbuh dan 1 SST Pramuka. 

Upacara pringatan Hari Satpam ke 37 tahun 2017 ditutup dengan pemotongan kue ulang Tahun Satpam ke 37 oleh Ketua DPRD, YB. Dt. Parmato Alam dan dilanjutkan dengan pengambilan dokumentasi.(ul)