PAIF, Kornita Sofia Giat Latih Siswa SLBN Centre Praktek Shalat

IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh).

Dialah Kornita Sofia, S.Ag, salah seorang Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) kankemenag Kota Payakumbuh yang memiliki salah satu objek binaan di SLB Negeri Centre Payakumbuh, yang saat ini dikepalai Dewi Marza. Sejak diamanahi sebagai penyuluh di SLB ini, Kornita Sofia giat melatih siswa SLB ini dalam mempraktek rukun islam secara optimal, walau secara estafet.

Saat kita kunjungi di SLBN Centre Payakumbuh, Rabu (29/11) terlihat Kornita Sofia sedang melatih siswa untuk praktek shalat.

Menurut Kornita Sofia, latihan praktek shalat berjemaah ini adalah sebagai motivasi bagi siswa SLB, bagaimana mereka kita latih secara bersama berjemaah. Selanjutnya mereka akan mempraktekkan shalat secara sendiri-sendiri pada lomba shalat wajib dalam rangka memperingati maulid nabi Muhammad SAW, pada hari Sabtu tanggal 2 Dsember 2017 mendatang di mushalla ini. Kita sengaja pisahkan antara siswa laki-laki dan siswa perempuan. Praktek shalat jemaah laki-laki diimami Wahyu sedangkan jemaah perempuan diimami Faris,” terang Kornita Sofia.

Dibenarkan Kepala SLBN Centre melalui Wakanya Popi Herawati, ada sekitar 50 orang siswa kita sedang latihan praktek shalat wajib untuk mengisi peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada hari Sabtu mendatang.

” Sejak Kornita Sofia menjadikan penyuluh agama di SLBN Centre ini, Kornita Sofia giat melatih ilmu agama dan keagamaan disini. Kornita Sofia menitik beratkan materinya pada shalat wajib dan membaca al qur’an. Selain itu program Kornita Sofia telah kita sinkronkan dengan PBM Mapel PAI. Dan kami sangat merasa terbantu dengan keberadaan penyuluh agama dari Kankemenag ini. Kornita Sofia memiliki jiwa lembut dan penyayang, sehingga siswa sangat senang belajar dengan Kornita Sofia. Maklumlah pak, mengajar ABK tidak bisa disamakan dengan siswa lainnya, butuh kesabaran dan kasih sayang,” jelas Popi Herawati.

Mendengar informasi terkait progam yang diterapkan Kornita Sofia di SLBN Centre Payakumbuh, Kepala Kankemenag diwakili Kasi Bimas Islam, Endra Rinaldi sangat apresiasi.

“Kita berharap PAIF dijajaran kankemenag selalu melahirkan inovasi dan metode terbaik dalam penyampaian ilmu dan informasi agama keagamaan kepada masyarakat. Apalagi PAIF kita yang pegang objek yang terbilang rumit, seperti di rutan, rehabilitasi narkoba dan SLB ini. Menjalankan tugas diobjek harus paham pola masuk dan regulasi yang berlaku,” tukuk Endra Rinaldi. (ul)