Padang Cinta Indonesia Lagu “Bhinneka Tunggal Ika” Dilombakan

IMPIANNEWS.COM (Padang).

Lagu “Bhinneka Tunggal Ika” ciptaan Walikota Padang Mahyeldi dilombakan di tingkat pelajar SMP. Lomba yang diadakan di studio Padang TV, Jumat (24/11/2017), ditayangkan secara live dan diikuti sekitar 50 sekolah SMP yang ada di Kota Padang.

Walikota Padang Mahyeldi dikesempatan itu mengatakan, lagu ciptaanya tersebut sebagai motivasi bagi generasi muda agar mengambil peran dalam menjaga dan merawat negara kesatuan Indonesia.

“Generasi muda kita perlu memahami Indonesia secara utuh. Baik itu tentang budaya, bahasa, suku dan agama,” ulas Mahyeldi. “Dan salah satu cara adalah melalui lagu ini. Karena, lagu ini dikemas dengan bahasa yang sederhana dan mudah dihafal,” terangnya lagi.

Lebih lanjut dijelaskan, sebagai generasi penerus estafet kepemimpinan, menanamkan rasa nasionalisme, berbangsa dan bernegara kepada generasi muda harus dilakukan secara terus menerus dan disetiap kesempatan.

“Sekaranglah saatnya, karena mereka memiliki potensi untuk merawat NKRI,” ujar Mahyeldi.

Ditambahkan Mahyeldi, lagu Bhinneka Tunggal Ika dan lagu Bela Negara juga akan dinyanyikan oleh pelajar SD dan SMP Kota Padang pada peringatan Hari Bela Negara 19 Desember nanti. Peringatan Hari Bela Negara tersebut direncanakan akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Barlius, mengatakan, lagu Bhinneka Tunggal Ika memiliki lirik yang kuat dan mudah untuk dihayati. “Saya yakin, pelajar kita tidak akan menemui kesulitan dalam memahami lirik lagu tersebut,” kata Barlius.

Senada dengan Barlius, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Padang, Azwin, juga mengapresiasi penampilan pelajar SMP Kota Padang pada perlombaan tersebut, karena lagu tersebut dinyanyikan dengan semangat yang tinggi dan penuh penghayatan.

Sedangkan, Kepala SMP 1 Padang, Hakim, saat mendampingi siswanya di lomba tersebut, mengatakan, lagu ini sangat menguatkan karakter anak didik yang berintelektual dan religius.(Nanda/LL/Fs)

Berikut lirik lagu “Bhinneka Tunggal Ika” yang diciptakan oleh Walikota Padang Mahyeldi:

Indonesia tanah airku tumpah darahku
Disini aku dilahirkan di bumi persada ini
Kami anak bangsa ini tak mau terpecah belah
Dari Negara Kesatuan Republik Indonesia

Kita Bangsa Indonesia kita Pancasila
Tanah yang ku pijak ini adalah NKRI
Dimana bumi ku pijak disitulah langitku junjung
NKRI adalah harga mati bagiku

Beragam ragam suku agama yang ada di persada ini
Beragam adat bahasa yang ada di persada ini

Pancasila 
Satu. Ketuhanan Yang Maha Esa
Dua. Kemanusian Yang Adil Dan Beradab
Tiga. Persatuan Indonesia
Empat. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Dan Perwakilan
Lima. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Walau kami berbeda tetaplah satu
Bhinneka Tunggal Ika slalu ku jaga
Dasar Negara kita adalah Pancasila
Pemersatu bangsa kita dalam hidup bernegara

Dari Sabang sampai Merauke
Dari Timor sampai Talaud
Mari kita hidup rukun
Dalam damai sejahtera