Malaysia Pertimbangkan Putus Hubungan dengan Korea Utara


IMPIANNEWS.COM (Kuala Lumpur). 

Malaysia saat ini sedang meninjau kembali hubungannya dengan Korea Utara (Korut). Kuala Lumpur menyatakan siap untuk memutuskan semua koneksi ke negara tersebut, di tengah kekhawatiran internasional terkait ancaman rudal balistik dan nuklir.

Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak mengatakan negaranya telah mempertimbangkan untuk menutup Kedutaan Besar di Pyongyang. Layanan kemudian akan dialihkan ke Kedutaan Besar Malaysia di Beijing, Cina.

"Di antara isu-isu yang dibahas dalam pertemuan saya dengan Presiden AS Donald Trump adalah situasi di semenanjung Korea. Kedua negara mengemukakan keprihatinan atas perdamaian dan keamanan kawasan Asia Pasifik yang mendapat ancaman dari uji coba rudal balistik dan nuklir oleh Korut," ujar Najib, dikutip media Malaysia, The Star.

"Malaysia telah mengambil langkah-langkah untuk mematuhi semua resolusi PBB yang berkaitan dengan ancaman Korut, termasuk memulangkan petugas diplomatik Korut di Malaysia, dan kami meninjau kembali hubungan kami dengan Korut termasuk hubungan diplomatik, politik, dan ekonomi," kata dia. Selain itu, dia mengatakan Malaysia telah memberlakukan visa untuk warga Korea Utara yang masuk ke negara tersebut.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Malaysia Datuk Seri Anifah Aman mengatakan Malaysia tidak memiliki rencana untuk kembali mengirim duta besar ke Pyongyang. Duta Besar Malaysia untuk Korut telah ditarik pada awal tahun ini. Malaysia dan Korut telah terlibat dalam krisis diplomatik dalam kasus pembunuhan saudara seayah pemimpin Korut Kim Jong-un, yaitu Kim Jong-nam. Kim Jong-nam terbunuh di Bandara Internasional Kuala Lumpur 2 pada Februari lalu.