Catatan Evi Yanri, " Pemuda Harus Kreatif dan Inovatif," Jangan Jadi Pemuda MANJAISME

SUMPAH PEMUDA seakan lenyap dalam hiruk pikuk dunia yg makin lama semakin menawarkan berbagai rupa godaan. Nilai nilai kepemudaan seakan ambruk di tengah api zaman yg kian leluasa memanggang berbagai keinginan.
Gaya hidup instan, ingin bekerja mudah, namun tak membutuhkan waktu panjang, yg membuat nilai2 perjuangan itu menjadi luntur hingga hilang.

Kemajuan Teknologi yg memudahkan hidup kita para pemuda saat ini, telah menjebak kita pada generasi yg disebut dg generasi "MANJAISME"
Memiliki keinginan besar terhadap sesuatu hal, namun tidak melakukan upaya yg maksimal, semangat dan prinsip dalam mewujudkan keinginan tadi, malah cenderung tidak mau melakukan apa2.

Situasi kekinian ini jauh berbeda dg para pemuda yg ikut berjuang memerdekakan negara ini,
-sebut lah BUNG TOMO yg mengobarkan 
 semangat para pemuda melawan sekutu...
-BUNG HATTA, BUNG KARNO, BUNG SYAHRIL                             yg waktu itu masih sangat muda bersama   pemuda lainnya merumuskan kemerdekaan     negara ini.
-Di Sumatera Barat ada:
 -AHMAD HUSEIN yg terkenal dg pasukan Harimau Kuranji.
 -DJAMALUDIN WAK KETOK pejuang yg tidak hanya memanggul senjata tapi juga pejuang yg menjadi inisiator pembangunan, khususnya pembukaaan jalan2 baru.juga seorang yg konsisten dgn agamanya, berani menentang dan menampar seorang Gubenur sumatera tengah yg meloloskan transmigrasi non muslim.
  -SIPATAI RAJO JAMBI yg waktu itu baru berumur 20 an tahun yg terkenal dg perang lubuk lintah nya, pejuang legendaris yg membuat ciut nyali pasukan Belanda, setelah ditangkap dan dihukum pancung, dihanyutkan disungai batang air kuranji, besoknya malah hilir mudik depan markas belanda. Di tangkap... kembali dipancung, kepalanya di bawa ke belanda , badannya entah di kubur dimana.

Di era mengisi kemerdekaan dan momentum SUMPAH PEMUDA ini kita tidak dituntut memanggul senjata....Namun tentu kita harus tetap mewarisi dan melanjutkan semangat para pemuda pendahulu kita.. Dengan berani berfikir besar, menciptakan hal2 besar, menorehkan prestasi2 besar diberbagai bidang untuk mengisii kemerdekaan ini dengan pembangunan yg berkeadilan di segala bidang.

Sebagai pemuda kita tidak boleh takut untuk mulai mewujudkan hal hal besar tersebut, berani memulai dan mencoba, selagi muda tidak boleh menunda.. Apa yg bisa dikerjakan.. Kerjakanlah... Jadilah yg terbaik untuk DIRIMU.. UNTUK KELUARGA MU, UNTUK BANGSA MU DAN NEGARA MU..

JANGAN PERNAH KAU TANYA APA YG KAU TERIMA DARI NEGERIMU...TAPI TANYA DIRIMU APA YG TELAH KAU BERIKAN UNTUK NEGERI MU..

20171028 ERB