Ribuan Orang Hadiri Tablik Akbar Peringati Tahun Baru Hijrah 1439 H

IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh).

Penuh sesak hingga ke halaman mesjid. Begitulah antusias jemaah hadiri tablik akbar dalam rangka memperingati tahun baru hijriyah 1439 H di Masjid Muhsinin Kenagarian Tiakar Kec. Payakumbuh Timur yang dilaksanakan pada hari Sabtu (30/09/2017).

 Mengisi peringatan 1 Muharram 1439 H, Pengurus Mesjid Muhsinin menghadirkan pentausiyah Ustadz H. Hidayatullah, LC. MA, Majelis Fakwa MUI Provinsi Sumatra Barat yang sekaligus Ketua MUI Kabupaten Sijunjung.

Tampak dihari oleh Wakil Walikota, Erwin Yunaz, Ketua DPRD, YB. Dt. Parmato Alam, Komandan Batalyon dan anggota, Kepala kankemenag diwakili Kasi PDPP, Safrizal, Camat Payakumbuh Timur, Linda Keprinaldi.

Dalam sambutannya, Kasi PDPP, Safrizal menghimbau masyarakat untuk menjadikan momen 1 Muharram sebagai langkah untuk hijrah ke arah yang lebih baik.

“Tahun 1439 H harus lebih baik dan meningkat kualitas dan kuantitas amalan kita dibanding tahun 1438 H. Termasuk hubungan baik sesama muslim,” imbau Safrizal sambil mohon izin ada kegiatan yang sama di Payobasung.

Ketua DPRD, YB. DT. Parmato Alam dalam sambutannya menghimbau masyarakat untuk dapat mensetarakan antara budaya, aqidah dan ilmu pengetahuan ke arah yang lebih dicintai dam diredhoi Allah. Dengan linearnya 3 unsur tersebut, insyaallah Payakumbuh akan menjadi kota yang makmur dalam ridho Allah.

Adapun Wakil Walikota, Erwin Yunaz menyampaikan apresiasi sekali dengan kegiatan yang diangkat masyarakat Kelurahan Tiakar.

“Sudah sepatutnya kita kembali menjalin kekuatan di mesjid, khususnya generasi muda sebagai penerus. Pemko Payakumbuh bersama alim ulama dan Bundo Kanduang siap mendukung pembangunan disegala bidang, termasuk kegiatan keagamaan.

 Mari kita wujudkan masyarakat yang berukhuwah islamiyah berkualitas di Payakumbuh,” sambut Erwin.

Ustadz Hidayatullah memaparkan tausiyahnya tentang bagaimana muslim memetik nilai yang terkandung dalam tahun baru hijriah ini dalam rangka eksistensi islam di muka bumi yang didasari surat An Anfal ayat 30, Surat At Taubah ayat 40 dan surat Al Hashar.

“Bulan Muharram bulan Allah salah satu bulan haram berbuat amal sangat dicintai Allah sedangkan Allah sangat benci umat yang berbuat dosa di bulan ini. Hijrah (pindah fisik) adalah ujian yang berat dari Allah. Disini islam mengajarkan semangat cinta tanah air.

 Kita juga wajib melakukan sebuah jihad untuk membela tauhid Laa Ilahaillaallahu. Agama islam dengan kitab suci al qur’an kemurniannya dijamin Allah. Hijrah itu sendiri juga bermakna menjaga eksistensi Islam dalam jiwa dan negara yang kita cintai ini.

Apakah Islam akan jaya di dunia tidak ada jaminan oleh Allah ?, namun kitalah akan memperjuangkan dengan jihad,” papar Hidayatullah alumni S.2 Sudan ini.

Tabligh akbar ini juga tampak dihadiri langsung Lurah Tiakar, Bobi Andyka, kelompok yasin se-kecamatan Payakumbuh Timur, santri Ponpes Syekh Ibrahim Harun dan siswa MAN 3 Payakumbuh dan tokoh masyarakat kenagarian Tiakar.

Kegiatan yang sama juga sedang dilaksanakan di Mesjid Arsyad Nan Kodok Kelurahan Tigo Koto Dibaruah yang menghadirkan penceramah ustadz Zulkifli dan dihadiri langsung Erwin Yunaz bersama ratusan jemaah yang padati mesjid.(ul)