Riza Falepi, " Kepercayaan Pusat Jangan di Cederai Atas Dukungan Dana APBN,"

IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh). 

Wali Kota (Wako) Payakumbuh Sumatera Barat, Riza Falepi meminta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar meningkatkan kinerja untuk menuntaskan pembangunan nomalisasi batang agam.

Riza Falepi katakan hal itu menyusul adanya pertemuan antara Pemkot Payakumbuh dengan Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan, Mudjiaji dan dan Direktur Bendung dan Waduk, Imam Santoso beberapa waktu lalu terkait penuntasan proyek tersebut.

Menurutnya, kepercayaan pemerintah pusat kepada Payakumbuh saat ini cukup tinggi, ditandai dengan pengucuran dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sepanjang 2016.

"Kepercayaan tersebut jangan sampai dicederai dengan tidak rampungnya pekerjaan fisik yang dibelanjai dukungan dana APBN itu. Saya akan kecewa, jika tidak mampu menjaga kepercayaan pemerintah pusat ini," ujar dia.

Ia menyebutkan, Kemenpupera setuju terhadap proyek pembangunan penataan, normalisasi, dan pemeliharaan Sungai Batang Agam yang panjangnya 12 kilometer itu dan pembangunan Embung Bulakan di Kelurahan Limbukan, hal itu ditandai Kemenpupera sudah memastikan bakal menambah anggarannya pada 2017.

"Saya sudah bicarakannya dengan Dirjen Sumber Daya Air Dirjen Bendung dan Waduk," lanjut dia.

Riza menyebutkan, untuk menuntaskan pembangunan normalisasi itu dibutuhkan waktu tiga tahun, dimana nantinya bakal menjadi pusat pertumbuhan kota baru yang mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi Payakumbuh.

Sementara itu, Kepada Dinas Pekerjaan Umum Kota Payakumbuh Marta Minanda menjelaskan pembangunan fisik di sepanjang daerah aliran sungai Batang Agam, terdiri dari tiga bagian yaitu normalisasi sungai untuk pengendalian banjir.

Kemudian, pengamanan tebing sungai dengan susunan batu kawat beronjong atau dengan dam beton agar tebing sungai tidak mengalami abrasi atau runtuh. Selanjutnya, penataan taman dan jalan disepanjang aliran sungai.

"Pada beberapa titik, akan dibangun ruang terbuka hijau, tempat olahraga, tempat bermain anak dan lansia, dan pedagang kuliner. Jika pembangunan selesai bakal menjadi objek pariwisata baru di Payakumbuh," kata dia.

Salah seorang Warga Payakumbuh, Rinaldi berharap pemerintah dapat segera menuntaskan pembangunan normalisasi sungai tersebut sehingga dapat menjadi daerah pertumbuhan baru di kota tersebut.

Menurutnya, dengan adanya jalan insfeksi di sisi kiri dan kanan sungai, secara sendirinya nanti akan timbul pemukiman baru.

Ia meminta, nantinya pemkot juga mengawasi pendirian bangunan di sepanjang aliran sungai sehingga penataannya lebih baik dan menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan disaat curah hujan tinggi. 


Sumber : Antara

Post a Comment

0 Comments