Maswarti Kepsek SD 66, " 395 Siswa Ikuti Pratek Shalat Ied,"

IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh). -

Untuk memaksimalkan pendidikan agama di dunia pendidikan dasar juga terlihat beberapa sekolah melaksanakan praktek shalat idul adha terhadap peserta didik.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keahlian siswa saat mendirikan shalat Ied di lokasi mereka tinggal. Karena pelaksanaan shalat Ied ada beberapa perbedaaan dengan shalat wajib dan sunat biasanya.

Sebagaimana yang kita pantau di SDN 66 Payakumbuh yang terletak di pinggir Batang Agam Jalan Pacuan Labuah Baru Kelurahan Koto Kaciak Kubu Tapak Rajo Kec. Payakumbuh Utara, yang dikepalai Maswarti, S.Pd
Diimami Guru PAI Muhammad Irfan, sebanyak 395 siswa mengikuti praktek shalat Idul Adha di halaman SD bertingkat ini. Kepala sekolah dan majlis guru giat mengamati sambil memberikan pengarahan kepada siswa yang salah.

Dijumpai di ruangan kerjanya (31/09/2017), Kepala SDN 66 Payakumbuh, Maswarti yang didampingi 2 orang guru PAI yaitu Hamidah dan Muhammad Irfan menyatakan kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan keahlian siswa.

"Pelaksanaan praktek shalat Idul Adha ini dirancang oleh Guru PAI kita, walau masih honorer, tapi mereka kaya inovasi. Inovasi mereka mendapat tanggapan positif dari majlis guru kelas I hingga kelas VI, namun kita tetap utamakan musyawarah.

Kegiatan ini akan melahirkan siswa yang mandiri dalam mendirikan kewajiban shalat sebagaimana telah diatur dalam agama islam. Disamping itu, kami juga mendidik siswa untuk belajar berqurban dengan ikhlas, melalui pengumpulan sumbangan 2 butir telur ayam / siswa. Untuk selanjutnya telur tersebut akan kita distribusikan kepada 65 siswa yang kurang mampu," terang Bhayangkari Polres Payakumbuh.

Ditambahkan Irfan, Ini merupakan pendidikan dan pananaman ilmu agama sejak dini, sehingga kelak menjadi kebiasaan dan menjadi kebutuhan," ucap alumni MAN 2 Payakumbuh ini.

Di sekolah lain, juga terpantau para siswa melaksanakan praktek shalat Idul Adha. Seperti di SDN 04 Payakumbuh, SDN 20 Payakumbuh, SD 02 Payakumbuh, RA Al Hidayah Taruko dan RA Taslim. Pelaksanaan praktek shalat Idul Adha dilaksanakan di Mesjid dan ada juga yang dihalaman sekolah.(ul)

Post a Comment

0 Comments